Don’t judge a book by its cover, because you will never get the chance to find out what lies within it

Belajar menghargai orang lain datangnya bisa dari mana saja. Belajar untuk tidak meremehkan orang bisa melalui media apa saja. Belajar memahami sesuatu bisa disengaja maupun secara tak sengaja. Saya secara tidak sengaja menjadi lebih sadar untuk selalu memahami dan menghargai orang lain tanpa kecuali, tanpa melihat latar belakang, apalagi hanya melalui dan melihat dari fisik luar seseorang setelah melihat acara audisi Britain Got Talent melalui YouTube. Setiap individu mempunyai kemampuan dan keahlian unik anugrah Yang Maha Kuasa. Janganlah meremehkan sesama dengan menganggap kita lebih pandai dari orang lain. Seperti  judul yang saya tuliskan di atas, ibarat kata pepatah jangan melihat kualitas buku dari sampul luarnya saja, karena bisa jadi kita tidak mempunyai kesempatan untuk menemukan apa yang tertulis di dalam buku tadi.

Seminggu terakhir secara tidak sengaja saya browsing-browsing di YouTube. Awalnya saya ingin mencari beberapa lagu cover, sampai pada akhirnya saya malah menemukan dan menikmati audisi acara Britain Got Talent (BGT). Dari acara audisi ini saya bisa mengambil hikmahnya, bahwa ternyata disadari ataupun tidak sering kali kita dengan cepat meremehkan kemampuan orang lain hanya dengan melihat fisik luar dari orang tersebut. Padahal kita belum tahu dan belum kenal benar dengan mereka.

Digambarkan dalam acara audisi ini, nampak dari ekspresi juri dan sebagian besar penonton nampak terlihat mereka meremehkan kemampuan peserta audisi. Ada peserta audisi yang wajahnya tidak ganteng, sudah tua, gendut, masih kecil, dan lain sebagainya. Begitu peserta audisi menunjukkan kemampuan olah vokalnya, semua terkejut dan seolah tidak percaya dengan apa yang mereka dengar dan mereka lihat. Apresiasi pun mereka berikan kepada peserta audisi tadi. Bahkan ada juri dan beberapa penonton nampak terharu sampai menitikkan air matanya. Di bawah ini tautan URL dari beberapa rekaman acara audisi BGT favorit saya yang menurut saya mampu memberikan pelajaran hidup untuk saya, agar jangan sampai meremehkan orang lain:

  1. Paul Potts
  2. Susan Boyle
  3. Charlotte & Jonathan
  4. Ryan O’Shaughnessy
  5. Connie Talbot
  6. Dan lain sebagainya silahkan anda menambah sendiri

Kalau anda suka dengan videonya, cara mengunduh video-video tersebut bisa dilakukan dengan cara seperti yang pernah saya tuliskan disini.

Apa yang saya pelajari dari acara audisi BGT ini tentu saja bisa saya terapkan dalam semua sisi kehidupan saya, bahwa sekali lagi jangan sampai sekalipun meremehkan orang lain dengan hanya melihat sekilas dari sisi fisik luarnya saja, karena dengan begitu kita tidak akan tahu betapa baik dan mulianya akhlak dan hati orang tersebut dan betapa pintarnya orang itu dibandingkan kita. Kalau kita menilai kemampuan seseorang hanya sekilas melihat penampilan luarnya saja, bisa jadi kita tidak sempat dan mungkin akan kehilangan kesempatan untuk belajar banyak tentang hidup dan kehidupan dari orang tadi.

 

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*