Dengan Modal 100rb Bisa Berwirausaha Apa?

Ya betul..dengan uang 100rb bisa digunakan untuk berwirausaha apa? Di saat semua harga barang kebutuhan pokok, bahan bakar minyak, dan lain sebagainya sudah merangkak naik apakah kira-kira cukup hanya dengan uang 100rb atau modal yang relatif cekak bisa digunakan untuk modal untuk berwirausaha? Sepertinya langkah yang hampir mustahil untuk dilakukan.

Dalam berwirausaha modal paling utama yang dibutuhkan adalah niat, ide, kerja keras baru kemudian modal berwujud uang. Niat, bagaimana kita benar-benar berkeinginan untuk menjalankan usaha dengan berapapun modal yang kita punya. Ide, kecermatan dan kejelian kita membaca peluang kira-kira peluang usaha seperti apa, bagaimana, dan dalam bidang apa yang ingin kita jalankan. Kerja keras, tanpa mengenal kata putus asa dan menyerah terus berusaha memajukan dan membesarkan usaha yang kita geluti.

Dalam berwirausaha mandiri tidak ada pelajaran, pendidikan, dan literaturnya. Berwirausaha seperti belajar naik sepeda. Belajar naik sepeda, dimulai dari dituntun atau memegang sesuatu, kemudian memakai roda tiga. Terjatuh dalam belajar naik sepeda adalah hal yang wajar. “Lalu ada yang jatuh, kapok, dan tidak mau naik sepeda? Tidak ada,”. “Jadi lakukan berwirausaha seperti belajar naik sepeda” (Dicuplik dari ungkapan Dahlan Iskan yang diberitakan di Kompas Online)

Dengan demikian tidak ada kata mustahil untuk memanfaatkan sejumlah uang 100rb untuk bisa memulai berwirausaha. Seperti apakah contohnya? Saya akan memberikan satu contoh yang sudah saya jalani. Dan tentu saja masih banyak contoh-contoh atau ide berwirausaha yang lainnya yang bisa dijalankan sesuai dengan niat dan keinginan kita masing-masing. Berikut contoh jenis usaha yang saya jalankan dengan modal uang 10orb. Saya waktu itu memanfaatkan uang 100rb untuk memulai menjalankan usaha pengisian pulsa elektronik. Kenapa jenis usaha pengisian pulsa? Sekarang ini hampir semua lapisan masyarakat baik di kota, desa sampai ke pelosok-pelosok sudah tidak asing lagi dengan teknologi mobile telecommunication, hampir semua orang mempunyai handphone, dengan begitu hampir dipastikan semua orang memerlukan pulsa. Sebuah kesempatan usaha yang patut dicoba.

Dengan uang 100rb tentu saja sangat tidak cukup kalau misalnya kita ingin membuka konter jual beli handphone, kartu perdana atau kartu isi ulang. Untuk biaya sewa konter atau ruko saja sudah tidak mencukupi. Namun bagaimana seandainya kalau usaha ini diarahkan menjadi bisnis pengisian pulsa elektronik? Modalnya hanya sebuah handphone merk apa saja, dengan spesifikasi apa saja, keluaran tahun berapapun, mau yang butut atau keluaran terbaru asal bisa digunakan untuk menerima dan mengirim SMS sudah sangat mencukupi.

Langkah berikutnya adalah mencari informasi pusat atau grosir pengisian pulsa elektronik yang ada di kota kita masing-masing dan mendaftarkan diri menjadi reseller. Biasanya pendaftaran menjadi reseller tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Kemudian kita akan diberikan pelatihan singkat (gratis) oleh mereka, yang isinya pengenalan produk yang mereka jual, cara-cara melakukan pengiriman pulsa dari beberapa provider apabila ada pembeli yang datang membeli pulsa melalui kita. Setelah kita memahami teknik atau caranya, langkah selanjutnya adalah mengisi deposit pulsa di handphone kita tadi. Gunakan uang 100rb tadi untuk mengisi deposit pulsa.

Dan langkah terakhir adalah marketing, lakukan pemasaran mungkin di lingkungan terdekat kita masing-masing, misalnya teman, sanak saudara, tetangga kalau kita bisa melayani jual beli pulsa elektronik. Patok harga beli pulsa lebih murah 100-200 rupiah dari tempat lainnya, supaya usaha pengisian pulsa kita semakin dikenal banyak orang. Semakin lama niscaya usaha kita akan banyak dikenal orang dan kita bisa meningkatkan deposit pulsa elektronik kita semakin besar, misalnya 200rb, 300rb, dan seterusnya. Seiring berjalannya waktu dan ketekunan kita, niscaya dan tidak mustahil kita bisa meningkatkan usaha ini menjadi pusat grosir pulsa eletronik, bukan menjadi reseller kecil lagi.

Tentu saja sekali lagi, jenis usaha yang saya sebutkan diatas hanya satu contoh dari sekian banyak hal yang bisa kita lakukan dengan modal usaha sebesar 100rb.

Salam berwirausaha mandiri…

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Peluang Usaha and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*