Cara Mengatasi Error Koneksi Voice Chat di BBM7 – Your Voice Connection Cannot be Established

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_23-09-43Anda sudah meng-upgrade versi BBM (BlackBerry Messenger) anda ke versi BBM 7? Cara upgrade-nya gampang, bisa di-download melalui BlackBerry App World. Apabila sudah di-upgrade ke BBM7, maka anda bisa melakukan panggilan dengan teman anda yang ada di daftar kontak lewat BBM (BBM voice chat). Namun ada syaratnya antara lain, teman anda juga sudah harus upgrade versi BBM-nya ke versi 7 dan untuk bisa melakukan panggilan dengan voice chat melalui BBM, anda harus tersambung dengan koneksi WiFi, seperti nampak dalam gambar tanda adanya koneksi WiFi yang saya tandai dengan lingkaran warna merah. Voice chat tidak akan bisa dilakukan apabila anda hanya tersambung melalui jaringan BlackBerry Internet Service biasa baik itu melalui jaringan 3G, EGDE, GPRS.

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_21-01-41Apabila di rumah kita mempunyai sambungan internet dan koneksi WiFi-nya aktif, dan BBM sudah dikoneksi-kan ke sambungan WiFi tersebut, namun ketika kita hendak melakukan BBM voice chat kita mendapati tanda tilpon berwarna hijau tidak muncul tetapi yang ada adalah tanda tilpon dengan tanda seru merah di pojok kanan atas BlackBerry kita, kemudian ketika kita klik tanda tersebut kita mendapatkan error message yang bunyinya kira-kira sebagai berikut,”your voice connection cannot be established”. Kira-kira bagaimana cara mengatasinya?  Cara mengatasinya adalah dengan cara merubah koneksi BlackBerry ke jaringan WiFi dari mendapatkan IP address secara otomatis, kita rubah menjadi “manual”

Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan menuju ke komputer anda yang tersambung dengan modem internet. Atau melalui laptop, tablet dll-nya milik anda yang tersambung ke jaringan WiFi. Kemudian klik Start > pada kolom “Search programs and files” ketikkan “cmd” kemudian tekan tombol Enter.

runcmd

  • Setelah command prompt muncul, ketikkan perintah “ipconfig”

ipconfig

Perhatikan informasi yang saya beri tanda kotak bergaris merah. Informasi-informasi ini nanti akan kita gunakan untuk konfigurasi koneksi WiFi di BlackBerry.

  • Silahkan ke BlackBerry device anda masing-masing dan perhatikan menu “Manage Connections”. Kalau di BlackBerry saya (lihat gambar paling atas) tandanya berupa pemancar dengan tanda gelombang sinar hijau di sisi kanan dan kirinya. Klik menu “Manage Connections” ini dan anda akan mendapatkan windows yang kira-kira seperti di bawah ini. Pastikan koneksi WiFi-nya aktif dengan mencentrang kotak yang ada di sebelah kanan. 

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_21-03-51

  • Scroll down (geser ke bawah) menu di atas, anda akan mendapatkan windows seperti di bawah ini. Kemudian klik menu “Wi-Fi Network”

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_22-05-09

  • Setelah anda melakukan langkah di atas, anda akan mendapatkan windows di bawah ini:

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_22-06-29

  • Klik menu “Saved WiFi Networks”, kemudian pilih WiFi koneksi yang akan anda tuju seperti nampak dalam gambar di bawah. Hilangkan tanda centrang yang ada di samping tulisan “Automatically obtain IP address and DNS”. 

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_22-04-13

  • Isikan informasi-informasi IP Address, Subnet Mask, Primary DNS dan Default gatewat address berdasarkan informasi yang anda peroleh dari langkah menjalankan perintah “ipconfig” di atas.
    • Yang perlu diperhatikan disini adalah, informasi IPv4 Address yaitu angka terakhir yang tertera di komputer tidak boleh disalin sama persis ke BlackBerry, karena nanti akan terjadi konflik sambungan. Misalnya, informasi IPv4 di komputer kita tertulis 192.168.1.8 maka informasi IP yang kita tuliskan di BlackBerry adalah 192.168.1.9 [atau berapapun nilainya di kisaran angka dari 1-55]. Kalau ada dua BlackBerry yang ingin tersambung dengan koneksi WiFi yang sama, maka BlackBerry yang kedua IP address-nya dituliskan 192.168.1.10 dan seterusnya.
    • Subnet Mask: isikan 255.255.255.0 sama persis dengan yang tertera di komputer anda
    • Primary DNS: isikan 8.8.8.8
    • Seconday DNS: biarkan tertulis 0.0.0.0
    • Default Gateway Address: tuliskan sama persis dengan yang tertera di komputer anda misalnya 192.168.1.xxx

Setelah semua langkah di atas anda jalankan, maka BBM voice chat sudah siap digunakan,ScreenShot_by_s4bb_2013-01-04_22-49-16 dan kita bisa menilpon kontak kita dimana pun mereka berada gratis tanpa biaya sepeser pun. Perhatikan, BBM kontak yang bisa kita tilpon melalui BBM voice chat hanya bila ada tanda tilpon berwarna hijau di pojok kanan atas. Apabila ada tanda tilpon di pojok kanan atas namun tidak berwarna hijau melainkan berwarna abu-abu, berarti mereka sedang tidak tersambung dengan koneksi WiFi atau BBM voice chat-nya belum aktif karena sesuatu hal. Apabila beberapa kontak yang ada di BBM list kita tidak ada tanda tilpon-nya di pojok kanan atas, berarti BBM mereka belum di-upgrade ke versi 7.

Apakah anda sudah mencoba BBM voice chat? saya sudah mencoba dan saya rasakan banyak manfaatnya. Semoga tulisan saya di atas bermanfaat dan sekali lagi selamat mencoba BBM voice chat melalui BBM7.

ScreenShot_by_s4bb_2013-01-05_05-52-09

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Tips and tagged , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Cara Mengatasi Error Koneksi Voice Chat di BBM7 – Your Voice Connection Cannot be Established

  1. bernard donovan says:

    maksudnya Kalau ada dua BlackBerry yang ingin tersambung dengan koneksi WiFi yang sama, maka BlackBerry yang kedua IP address-nya dituliskan 192.168.1.10 dan seterusnya ,gimana gan/.tolong bales di email saja,Trims’s!

    • WiD says:

      Begini Mas, seumpama Mas Bernard menemukan error koneksi seperti judul di atas, misalnya di rumah Mas Bernard ada 2 BB (katakan BB-1 dan BB-2) yang ingin tersambung ke koneksi WiFi yang sama, maka IP address yang dituliskan di BB-1 adalah 192.168.1.10 dan IP address yang dituliskan di BB-2 adalah 192.168.1.11. Intinya angka paling belakang dibikin berbeda. Semoga membantu..

  2. mito says:

    gini Gan saya dah coba untuk dimanualin; ternyata masih muncul pesan “your voice connection cannot be established” saya konek wifinya pake speedy; kira-kira punya solusi lain ngga’… maaf newbie pake BBM untuk brows dan massager OK udah dicoba diping keserver juga lancar… trims infonya

    • WiD says:

      Saya koneksi WiFi di rumah juga pake speedy, malah ada lebih dari satu BB yang konek ke WiFi tersebut dan semuanya bisa melakukan Voice Chat melalui BBM. Mas bisa ga kira-kira kalau mengirimkan screenshot-nya dari layar BB Mas ke email saya widodo.nugroho@gmail.com, persis sama dengan screenshot yang saya attach-kan dalam posting atau tulisan saya di atas. Mungkin dengan begitu saya bisa melihat apakah kira-kira ada step yang terlewatkan atau tidak.

  3. Sukirno says:

    Mas, saya sudah menerapkan langkah2 yang dijelaskan. Saya sudah coba kedua BB saya, tetapi hasilnya tetap sama ya…status BBM Voice nya tetap merah….minta dijelasin penyebabnya dimana ya??? Terima kasih banyak

  4. Onrik says:

    Mas saya sudah menerapkan langkah2 di atas, kok tetap merah ya status BBM voice nya…minta penjelasanya mas…

    Terima kasih

  5. Onrik says:

    Mas, saya sudah menerapkan langkah2 yang dijelaskan tetapi hasilnya masih sama ya…status BBM Voice masih tetap merah….

    Mohon penjelasannya mas…

    Terima kasih

    • WiD says:

      sama seperti jawaban saya di comment lainnya, kalo bisa dikirimkan screenshot dari langkah-langkah yang sudah dilakukan, Saya akan coba lihat dari sana, kira-kira apa penyebabnya.

  6. maya says:

    kok tetep gak bisa yaa ??
    di bbm tetep tanda seru warna merah, gak bs jd hijau (online)
    pdhl langkah2 sudah saya ikuti semua 🙁
    ada yang bisa bantu ??
    jwbn please CC : nurmayaislamiyah@yahoo.com

    trims.

    • WiD says:

      Halo Mbak…bisa dikirimkan screenshot dari langkah-langkah yang dilakukan Mbak Maya ke email saya? saya akan coba liat, apakah ada step yang belum dilakukan atau mungkin salah. Semoga dengan begitu saya bisa membantu menemukan permasalahannya.

  7. iwan says:

    speed speedy pengaruh ga mas??? paket speedy ku cmn 512kbps??

    • WiD says:

      saya pake speedy juga Mas di rumah…dah kebetulan problemnya bisa solve dengan langkah2 seperti yang saya tuliskan di atas

  8. reza fadhila says:

    Mas sudah saya ikuti semua caranya, tetep gabisa. boleh minta pin bbnya gak biar lebih jelas?

  9. vivi says:

    Pak WiD, mohon bantuannya, saya upgrade ke voice chat tapi error, dan malah saya jadi nggak bisa start chat lg (kecuali diBBMin duluan/ hanya bisa reply saja).. Saya ingin mendowngrade ke aplikasi sebelumnya saja, apa bisa, dan bagaimana caranya yaa, Pak WiD? Terima kasih sebelumnya.

    • WiD says:

      Mbak Vivi, voice chat BBM7 hanya bisa dipasang di BB dengan OS 6 atau lebih. Kalau boleh tahu BB Mbak Vivi OS-nya berapa ya? bisa saja kok Mbak BBM7-nya di-downgrade. Caranya di-uninstall saja dan install kembali BBM6 atau di bawahnya melalui app world. Atau misalnya kalau Mbak Vivi mengalami kesulitan, saya kira bisa datang ke konter servis BB terdekat yang ada di kota Mbak Vivi.

  10. tiffanny says:

    Mas, sya ud ikutin langka” yg diatas. Tp tetap aja gk bs.. Saya sudah pernah coba bbm voicenya sebelumnya, tapi pas besoknya mau pakai lagi ada tanda seru di simbol nya.. Dan smpe sekarang blum bisa digunakan lagi.. Mohon dibales ya terimakasih sebelumnya.

    • WiD says:

      Mbak Tiffani, ada beberapa yang menanyakan hal yang persis seperti yang Mbak Tiffani tanyakan, nah untuk yang kasus seperti ini saya belum tahu jawabannya, coba saya akan cari tahu dulu kira-kira ada solusinya tidak. Nanti kalau saya sudah menemukan solusinya, saya akan share di blog saya ini juga.

  11. andri budianto says:

    saya bisa menggunakan ini. mungkin karena firewall di wifi itu menyala. jadi ga akan bsa di pake. mending di matikan firewall wifi dan komputer. firewall dari AV pun di disable. sekian dan terimakasih

  12. shandhy says:

    tolong turotorial sambungan wifi dunk.,,, ?
    kagak ngertos…
    DHCP (“Automatically obtain IP Address dan DNS”) ini di download e,,? 🙁

  13. Highwind says:

    saya sudah bisa, tapi untuk Seconday DNS di isi 8.8.4.4

  14. mia says:

    mas Widodo, terima kasih banyak utk tulisannya,, sangat membantu saya dan sudah bisa voice chat bbm saya…
    Namun ada pertanyaan saya,, di rumah saya pake wifi dan ada beberapa prangkat yg menggunakan BBM (selain Blackberry),,, apakah akan mengganggu koneksi prangkat tsb??
    Terima kasih utk infonya

    • WiD says:

      Mbak Mia, tulisan saya tersebut saya posting sebelum Blackberry melepas BBM ke Android dan Apple OS. Mungkin ada beberapa bagian di tulisan tersebut sudah tidak valid lagi. Sekarang BBM yg dipasang di Android dan Apple pun sudah bisa saling voice chat dengan hanya tersambung ke paket data atau WiFi, tanpa harus setting seperti yang saya sebutkan di postingan ini. Dan mungkin juga BBM Android atau Apple bisa juga voice chat dengan BBM yang dipasang di Blackberry. Menurut saya sepertinya tidak akan mengganggu Mbak.

  15. Bhudie says:

    mas, saya pake BBM 8, udah saya utak atik tetap aja msh merah gmn tuh?

  16. ovie darwita says:

    Kalau kita mau ngirim vn, terus lagi ngerecord pas mau dilepas gak bisa dikirim gimana?

  17. jhony says:

    Tetep gak bisa bos,,sya sudah coba bbrpa x,,,udah ikutin smuanya…mohon info dong yg bsa..??

    • WiD says:

      sudah ga pake BBM lagi bos..pindah saja ke aplikasi lain seperti WA atau Line, sama-sama menawarkan tilpon gratis juga kok.

  18. rona says:

    mass… saya udah ikutinih langkah2 yang di anjurin mas itu .tp malah ilang tanda telepon di bbm sya nyah .ada juga yg di kontak saya tp warnyah abu-abu .
    nah kalau itu apah mas penyebabnyah coba ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*