Cara Mengetahui Teman yang Unfriend dari Daftar Pertemanan Facebook

Siapakah yang tidak mengenal Facebook? Hampir semua orang tahu Facebook, baik yang mempunyai account ataupun yang tidak mempunyai account di situs jejaring sosial yang satu ini, paling tidak pernah mendengar kata Facebook. Masyarakat dari kalangan biasa, selebritis, maupun pejabat negara bahkan sampai sebuah korporasi/perusahaan boleh dikatakan sebagian besar mempunyai account di Facebook. Situs pertemanan yang dulunya hanya dibuat sebagai sebuah keisengan di kampus oleh seorang mahasiswa Harvard University (bahkan si mahasiswa ini akhirnya tidak sampai lulus dari universitas tersebut), kini menjadi salah satu perusahaan besar yang bahkan sebentar lagi rencananya mau melakukan IPO di lantai bursa.

Saya tidak akan berpanjang lebar membahas rencana IPO Facebook ini. Yang akan saya tulis disini adalah yang ringan-ringan saja seputar bagaimana kita bisa mengetahui teman yang kemudian memutuskan (unfriend) dari daftar pertemanan di Facebook kita atau menolak permintaan pertemanan yang kita kirimkan (Ignore). Seperti yang sudah diketahui, dengan Facebook kita bisa terhubung dengan teman-teman lama; teman sekolah, teman kerja, teman semasa kecil, maupun teman-teman baru yang kita kenal melalui situs jejaring sosial ini. Ada kalanya kita merasa senang di kala melihat daftar teman yang kita tambahkan (add) di halaman Facebook kita semakin hari semakin bertambah. Namun pada saat beberapa hari kita tidak membuka Facebook, kemudian pada saat mengunjungi laman Facebook kita kembali, kita mengetahui ternyata jumlah teman yang ada di daftar pertemanan berkurang. Atau pada saat kita tertarik ingin berkenalan dengan seseorang, kemudian kita kirimkan permintaan pertemanan (friend request) kemudian ternyata setelah beberapa saat lamanya kita tidak tahu apakah permintaan pertemanan kita ditolak atau diterima. Kadang kita penasaran, kadang kita juga cuek saja siapa saja yang memutuskan (unfriend) atau menolak (ignore) dari Facebook kita.

Bagi yang penasaran ingin mengetahui semua hal di atas, ada sebuah aplikasi yang bisa membantu. Beberapa hari lalu saya browsing-browsing dan secara tidak sengaja menemukan aplikasi ini. Nama aplikasinya adalah Unfriend Finder. Aplikasi ini menurut saya bukan malware atau spyware, jadi aman kita pasangkan di Facebook kita. Aplikasi ini bisa diunduh melalui situs resmi-nya di http://www.unfriendfinder.com/home. Di sana dijelaskan bahwa aplikasi ini compatible dengan semua browser (Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dan Internet Explorer). Di halaman ini juga ditampilkan contoh tampilan di laman Facebook kita setelah aplikasi Unfriend Finder ini kita pasang. Namun perlu diperhatikan cara pemasangan/instalasi di setiap browser berbeda-beda langkahnya. Untuk mengetahui langkah-langkah pemasangan aplikasi ini di masing-masing browser bisa dilihat di http://www.unfriendfinder.com/help/installation kemudian kita pilih browser apa yang kita gunakan. Kita hanya tahu siapa yang unfriend dari Facebook kita sesaat kita menginstal aplikasi ini. Daftar teman yang unfriend sebelum aplikasi ini dipasang, tidak akan bisa diketahui.

Untuk menginstal/memasang aplikasi ini kita bisa memilih menu http://www.unfriendfinder.com/download. Di menu ini ditampilkan juga image-image dari apa yang akan kita temukan pada saat dan sesudah proses instalasi selesai. Dari beberapa browser yang saya coba, yang paling gampang untuk dipasangkan Unfriend Finder adalah Google Chrome karena seperti yang disebutkan sendiri di laman situs Unfriend Finder ini, Google Chrome secara native sudah mendukung userscripts yang memudahkan aplikasi ini dipasang di browser tersebut. Saya merekomendasikan menggunakan Google Chrome untuk memasang aplikasi Unfriend Finder ini dengan demikian nanti pada saat membuka Facebook juga harus menggunakan Google Chrome. Setelah proses instalasi selesai, untuk memastikan kalau Unfriend Finder berhasil dipasang di Google Chrome bisa dilihat dengan cara klik menu Customize and Control (gambar kunci yang ada di pojok kanan atas dari browser Chrome) > Tools > Extentions. Kalau kita berhasil menginstal aplikasi ini, akan disebutkan Unfriend Finder terdaftar di bawah menu Extentions di atas.

Berikut contoh beberapa teman yang terekam oleh aplikasi unfriend di Facebook saya:

Dalam gambar di atas terlihat ada tiga status yang terekam di Unfriend yaitu “deactivated” artinya teman saya tersebut me-nonaktif-kan profile-nya di Facebook. Sedangkan “no longer in your friend list” artinya teman saya tersebut sudah menghapus nama saya dari daftar pertemanan Facebook dia. Sedangkan status “cancelled your friend request” artinya teman saya tersebut menolak ajakan pertemanan yang saya kirimkan melalui Facebook.

Terlepas dari rasa penasaran dan kemudian sesudahnya kita mengetahui apa penyebabnya, semoga pertemanan kita dengan seseorang dan sebagian orang yang memutuskan/unfriend dari Facebook tidak kemudian menyebabkan tali pertemanan kita dengan mereka benar-benar putus di dunia nyata. Sekarang tergantung anda, apakah siap memasang aplikasi ini dengan “resiko” kita menjadi tahu siapa yang memutuskan atau menolak pertemanan di Facebook tanpa harus sakit hati untuk bisa terus menjalin pertemanan dengan mereka di dunia nyata? Kalau anda siap, selamat mencoba memasang Unfriend Finder di browser anda masing-masing :)

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com). Alumni Teknik Geologi UGM, sekarang masih bekerja di Schlumberger (www.slb.com), sekaligus menekuni sebagai Personal Blogger. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging
This entry was posted in Tips and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>