WhatsApp-an Melalui WhatsApp Web

WhatsApp-ScanWAQRCodean atau lebih populer disebut dengan istilah WA-an adalah aktivitas untuk menyebut perbincangan atau chatting-an dengan kolega atau teman melalu aplikasi messenger WhatsApp. Kini kita bisa WA-an tidak hanya melalui perangkat smartphone, tetapi bisa juga melalui web dari PC atau desktop kita. Per 22 Januari 2015 kemaren, akhirnya WhatsApp merilis versi WhatsApp web, menyusul aplikasi messenger “Line” yang sudah mempunyai versi Web terlebih dahulu. Awal-awal WhatsApp web diluncurkan, hanya support browser Chrome. Namun kini WhatsApp web sudah support Mozila Firefox dan Opera. Dengan demikian artinya kita bisa WA-an tidak hanya melalui smartphone tetapi kini kita bisa juga WA-an melalui PC. Cara untuk login atau memulai percakapan melalui WhatsApp Web sangatlah mudah:

  • Langkah selanjutnya adalah login ke WhatsApp web dengan cara men-scan QR Code dari smartphone anda. Catatan: anda harus mempunyai WhatsApp versi terbaru terlebih dahulu yang ter-install di smartphone anda untuk bisa mempunyai fitur yang memungkinkan login ke WhatsApp web. Kemudian login ke WhatsApp web ini untuk sementara hanya bisa dilakukan melalui perangkat Android, Windows Phone, BlackBerry, BlackBerry 10 dan Nokia S60. Sayangnya saat ini login ke WhatsApp web belum bisa melalui iPhone.

scanfromphone

  • Klik WhatsApp Web menu, otomatis layar kamera untuk scan QR Code dari smartphone anda akan aktif. Sorotkan pada QR Code yang muncul di PC anda “Scan code with your phone to log in”. Ketika sudah ter-scan maka otomatis anda akan login ke WhatsApp web. Menu dan feature yang ditampilkan di WhatsApp web sama persis dengan menu dan feature yang ditampilkan di WhatsApp Mobile. Anda bisa mengatur profile, status, notifikasi melalui WhatsApp web dan lain sebagainya. Daftar teman anda yang akan muncul di WhatsApp web adalah teman-teman anda yang sudah aktif di menu windows chatting pada WhatsApp mobile. Anda tidak bisa memulai chatting dengan teman anda melalui WhatsApp web seandainya anda belum pernah chatting dengan┬áteman anda tersebut melalui WhatsApp mobile.

menuWA

  • Ketika anda mengirimkan pesan anda juga akan menjumpai tanda centang biru dan abu-abu. Anda bisa mengirimkan image atau video melalui WhatsApp web juga. Apa yang anda lakukan di WhatsApp web otomatis akan ter-sinkron-kan di WhatsApp mobile anda. Ketika anda membuka WhatsApp web, bukan berarti WhatsApp mobile akan mati atau tidak aktif. Kedua-duanya akan aktif secara bersamaan. Ketika anda mengirimkan pesan dan dibaca oleh penerima pesan, maka anda akan menjumpai tanda centang dobel berwarna biru baik di WhatsApp web maupun WhatsApp mobile anda. Ketika anda sudah membaca pesan melalui WhatsAPP web maka di smartphone anda otomatis juga akan ditandai kalau pesan sudah dibaca, tidak akan ada lagi icon WhatsApp di pojok kiri atas yang menandakan ada pesan baru. Begitu juga sebaliknya. Intinya antara web dan mobile akan ter-sikron-kan secara otomatis. Bedanya di WhatsApp Web kita bisa melihat detail contact info dalam satu layar. Dengan demikian anda akan menjumpai tiga panel, sebelah kiri contact list yang kita ajak WA-an, sebelah tengah detail perbincangan kita, dan sebelah kanan adalah detail contact info. Panel sebelah kanan akan muncul ketika kita klik bagian atas pada windows panel detail berbincangan.

mainmenuWA

  • Satu lagi yang perlu diingat, ketika anda terhubung dengan WhatsApp web, smartphone anda juga harus selalu aktif dan terhubung dengan internet, karena kalau tidak, maka WhatsApp web akan terputus dari koneksi. Ini dikarenakan koneksi login WhatsApp web masih menggunakan atau melalui WhatsApp mobile. Seandainya koneksi WhatsApp mobile anda terputus, maka anda akan mendapati pesan error di WhatsApp web seperti di bawah ini “Phone Not Connected”. WhatsApp web saat ini belum benar-benar sebagai aplikasi independen terlepas dari WhatsApp mobile. Dengan demikian kalau anda tidak mempunyai WhatsApp di smartphone anda atau smartphone anda tidak terkoneksi dengan data internet yang menyebabkan WhatsApp mobile tidak jalan, maka anda pun tidak akan bisa menjalankan WhatsApp web. Jadi sebenarnya WhatsApp web ini seolah-olah hanya sekedar perpanjangan tangan dari WhatsApp mobile untuk memudahkan penggunanya dalam menulis dan menerima pesan.

phonenotconnected

Demikian tulisan singkat saya, semoga bermanfaat. Selamat menikmati layanan WhatsApp web melalui PC anda masing-masing. Paling tidak sekarang ada opsi lain ber-WA-an selain melalui smartphone. Dengan ber-WA-an melalui web atau PC memudahkan kita ketika ingin mengirimkan pesan dengan cepat dan banyak karena pesan bisa ditulis atau diketik dengan lebih mudah dengan menggunakan lebih dari satu jari karena keyboardnya lebih besar, tidak hanya dengan kedua ibu jari saja seperti halnya di smartphone, yang kadang membuat kita merasakan kedua ibu jari menjadi kebas karena saking seringnya dipakai untuk mengetik pesan WA melalui smartphone kita hehe.

Selain itu kini anda pun bisa menyimpan photo, file atau video yang dikirimkan teman anda melalui WhatsApp yang sekiranya anda anggap penting ke PC dan tidak khawatir lagi kekurangan kapasitas disk karena kapasitas disk di PC kini bisa sampai terrabyte tidak seperti smartphone yang baru bisa sampai puluhan gigabyte itupun seandanyai menggunakan external harddisk.

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to WhatsApp-an Melalui WhatsApp Web

  1. nanik haryani says:

    kenapa layar scan pada android cuma separuh

  2. Aldo Ferdian says:

    Wah tulisannya bermanfaat sekali pak. Sy baru tahu ternyata whatsapp bisa diaplikasikan melalui web. Terima kasih atas penjelasannya.

  3. Hosting says:

    Sedap lagi guna telegram macam ni. Semua platform pun support. Whatsapp versi web? Telegram awal2 dah ada. Tak perlu on tepon pun masih boleh guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*