Iya Betul..Bagi WNI Sudah Tidak Perlu Lagi Mengisi Kartu Kedatangan dan Keberangkatan

Sekitar akhir bulan Maret 21012 kemaren saya membaca sebuah berita melalui salah satu media online terbesar di tanah air, yang memberitakan bahwa penumpang WNI yang melakukan perjalanan ke dan dari luar negeri tidak perlu lagi mengisi surat keberangkatan dan kedatangan. Namun saat itu posisi saya masih berada di luar negeri, jadi belum tahu kenyataan di lapangan seperti apa, apakah memang sudah benar-benar berlaku. Apalagi ketika berita ini saya coba konfirmasikan ke milist alumni, sebagian besar diantaranya masih belum mengetahui. Ada salah satu teman yang melakukan perjalanan pulang  ke Indonesia pada awal April 2012 bahkan menjawab di konter Imigrasi masih ditanyakan.

Sampai pada akhirnya kemaren hari Kamis, 3 Mei 2012 saya mendarat di bandara internasional Soekarno Hatta dari perjalanan luar negeri. Saya masih simpan kartu kedatangan imigrasi yang sudah ada cap imigrasi. Seperti sudah diketahui bersama, sebelum peraturan yang dikeluarkan Ditjen Imigrasi pada akhir Maret 2012, semua penumpang baik penumpang asing maupun WNI yang melakukan perjalanan keluar negeri, mereka harus mengisi formulir keberangkatan dan kedatangan. (satu formulir ada dua lembar). Pada saat kita melakukan immigration clearance, formulir yang sudah diisi ini nanti akan dicap oleh petugas imigrasi, dan pada saat boarding petugas ground airline akan menyobek kartu keberangkatan, dan kartu kedatangan kita simpan dan akan kita serahkan saat nanti kita pulang kembali ke tanah air.

Hari Kamis kemaren pada saat perjalanan pulang ke tanah air, saya sengaja tidak menyiapkan kartu kedatangan ini, karena saya ingin membuktikan sendiri apakah di konter imigrasi memang kartu kedatangan sudah tidak diminta lagi. Pesawat Emirates yang membawa saya dari Dubai tepat mendarat di bandara Soetta jam 15.07. Dan pada saat antri di imigrasi, memang benar kartu kedatangan sudah tidak diminta lagi sama petugas imigrasi. Petugas hanya meminta passport saya.  Tapi peraturan ini sepertinya hanya berlaku bagi WNI, tidak bagi warga negara asing. Karena pada saat yang bersamaan saya melihat salah satu WNA tidak menunjukkan dan menyerahkan kartu kedatangan, dan petugas dengan sopan kemudian mengarahkan dan meminta yang bersangkutan untuk mengisi kartu kedatangan terlebih dulu. Dan kemaren hari Sabtu, 19 Mei 2012 saya melakukan perjalanan keluar negeri, pihak imigrasi tidak menanyakan kartu keberangkatan.

Salut..terima kasih Bapak/Ibu petugas di Ditjen Imigrasi dengan peraturan baru ini.

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com). Alumni Teknik Geologi UGM, sekarang masih bekerja di Schlumberger (www.slb.com), sekaligus menekuni sebagai Personal Blogger. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>