Outdoor Adventuring Mendaki Gunung Api Purba Ngelanggran dan Hiking ke Air Terjun Jurug Gedhe Bersama Jogja Geowisata

_MG_0319Kegiatan Outdoor Adventuring, Lintas Alam, Cross Country, Camping dengan mendaki Gunung Api Purba Ngelanggran dan dilanjutkan hiking ke air terjun Jurug Gedhe yang berjarak 2 Km dari Ngelanggran, Gunung Kidul, Jogjakarta Bersama Jogja Geowisata. Perlu diketahui Gunung Ngelanggran adalah gunung api purba, dengan demikian sudah tidak ada kegiatan atau aktivitas volkanik sama sekali. Gunung ini sudah tidak aktif lagi sejak jutaan tahun silam. Namun secara geologis, kita masih bisa dengan jelas melihat bekas-bekas material atau batu-batu volkanik di kawasan ini yang menunjukkan bekas aktivitas volkanik pada masa silam.

Kawasan wisata Gunung Ngelanggran ini sudah dilengkapi dengan jalur-jalur, papan_MG_0033 petunjuk arah dan gazebo-gazebo  tempat beristirahat selama dalam perjalanan di beberapa titik lokasi, yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk memundahkan pengunjung mendaki dan menuju ke puncak gunung. Sebenarnya boleh dibilang ketika kita akan mendaki, jangan dibayangkan akan mendaki kawasan wisata gunung api yang tingginya beribu meter dari permukaan laut. Ketika anda mengunjungi kawasan wisata Gunung Ngelanggran sebenarnya anda akan mengunjungi sebuah monumen alam yaitu gunung api purba. Tidak ada kawah, tidak ada bau belerang, yang ada hanyalah bongkah-bongkah batu besar batuan volkanik yang merekam jejak bekas aktivitas volkanik purba berjuta-juta tahun yang lalu dan tingginya pun mungkin hanya beberapa ratus meter dari permukaan laut. Tetapi jangan khawatir, anda akan menikmati dan menjumpai pengalaman dan pemandangan yang luar biasa selama di perjalanan menuju ke puncak Ngelanggran salah satunya ketika harus melewati celah sempit yang terbentuk oleh suatu proses alami di antara bebatuan-bebatuan besar, seolah-olah kita menembus menerobos inti batu-batu tersebut.

_MG_0529Jogja Geowisata merupakan sebuah travel yang secara khusus menjual jasa melayani wisatawan-wisatawan terutama pada wisata dengan minat khusus salah satunya seperti kegiatan outdoor adventuring di Gunung api purba Ngelanggran ini. Semua pemandunya berlatang belakang dan atau masih kuliah di Jurusan Teknik Geologi UGM. Jadi ketika anda berwisata dengan mereka, mereka akan menjelaskan dengan menggunakan bahasa umum yang mudah dimengerti oleh orang awam tentang fenomena geologis dan alam yang anda jumpai sepanjang perjalanan di kawasan Gunung Ngelanggran ini. Untuk keterangan lebih detail tentang biaya yang dipatok dan minimal jumlah peserta bisa ditanyakan langsung ke Jogja Geowisata travel atau dengan mengunjungi official website mereka yang beralamat di www.ygeotour.com. Fasilitas yang diberikan selama mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Gratis antar jemput bandara, hotel, dan tempat wisata selama kegiatan berlangsung menggunakan kijang Inova.
  • Gratis sewa tenda, makan malam, makam pagi, snack dan peralatan mandi (sabun, shampo, handuk) selama camping dan lintas alam
  • Kegiatan malam dan jurit malam di sekitar camping ground
  • Pemandu akan selalu stand by mengawal selama kegiatan berlangsung
  • Dokumentasi dan di akhir acara akan dibagikan USB berisi photo-photo selama kegiatan berlangsung

Peserta akan diberangkatkan pada sore hari, kemudian mendaki Gunung Ngelanggran dan_MG_0462 mendirikan kemah di camping ground di Puncak Gunung Ngelanggran. Ada acara api unggun di malam hari, menikmati keindahan pemandangan dan langit di malam hari dari ketinggian Gunung Ngelanggran, kemudian menanti dan menikmati sunrise di pagi hari. Pagi harinya dilanjutkan lintas alam di kawasan Gunung Ngelanggran sekaligus turun dan dilanjutkan hiking menuju air terjun Jurug Gedhe yang berjarak kurang lebih 2 Km dari Gunung Ngelanggran ini.

_MG_0607Perjalanan menuju air terjun akan diantarkan dengan menggunakan mobil dan di-drop 1 km dari lokasi dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Sepanjang perjalanan peserta akan dihadapkan pada bentangan-bentangan sawah nan hijau indah dan sejuk dipandang mata. Bagi sebagian orang yang sama sekali belum pernah melihat sawah, pemandangan ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Apabila kegiatan kebetulan dilaksanakan pada saat panen tiba, peserta sekaligus akan melihat secara langsung bagaimana para petani memanen padi dengan cara yang masih tradisional, kalau perlu peserta bisa berinteraksi langsung dengan_MG_0609 para petani. Mereka akan menyambut dengan perasaan tulus, ramah dan senyuman khas pedesaan. Air terjun Jurug Gedhe terletak di lembah perbatasan dengan persawahan. Untuk menuju air terjun tersebut penduduk setempat sudah membuatkan jalan akses masuk ke lokasi, walaupun masih sederhana, beberapa lintasan dilengkapi dengan bantuan tali tambang untuk membantu pengunjung menuruni turunan yang agak terjal dan licin. Di beberapa titik lokasi pemberhentian, disediakan gubug-gubug yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak sekedar melepas lelah atau bahkan mungkin menikmati sarapan atau makan di tengah-tengah suasana perbukitan.

_MG_0659Ketika peserta sudah sampai di lokasi air terjun, peserta akan diajak menuju dua lokasi, yang pertama bagian atas air terjun, yaitu bagian lembah sebagai sumber air dari air terjun itu sendiri. Di lokasi ini peserta bisa menikmati keindahan lembah, tenang, ditemani suara gemericik air yang mengarah ke bawah menuju air terjun. Peserta bisa mandi menyegarkan diri. Airnya jernih, dijamin tidak ada polusi karena berasal dari air alami pegunungan. Lembah ini kananwidjurug kirinya diapit oleh rindangnya pepohonan-pepohonan khas perbukitan, menambah suasana segar bebas dari hiruk pikuk atau macetnya perkotaan. Jangan khawatir walaupun kita di tengah-tengah lembah namun jaringan atau koneksi mobile internet bagus, jadi kita masih bisa dengan mudah tetap berhubungan dengan sanak dan saudara, teman atau kerabat melalui semua jalur sosial media, seperti Facebook, Twitter, Path, Line, WhatsApp, BBM, WeChat, Skype dan lain sebagainya. Jadi ketika peserta di tengah-tengah lembah mereka pun kalau mau bisa langsung _MG_0881mengunggah photo-photonya ke jejaring sosial yang dimiliki atau bahkan tilpon face to face dengan keluarga atau teman di lokasi yang berbeda untuk menceritakan secara live serunya paket wisata ini. Setelah puas menikmati puncak air terjun, peserta bisa melanjutkan perjalanannya menuju ke air terjunnya itu sendiri. Jaraknya tidak terlalu jauh, mungkin kurang lebih 300 meter dari lokasi pertama dengan menapaki lintasan menurun. Sesampainya di lokasi air terjun peserta akan dihadapkan pada pemandangan air terjun yang tingginya kurang lebih 200 meter. Dari bawah peserta akan melihat ke atas lokasi pertama yang sebelumnya dikunjungi. Aliran dari air terjun akan mengalir ke sungai yang cukup lebar ke arah muara.

Beberapa photo yang lainnya yang menggambarkan betapa serunya terkait dengan paket wisata ini bisa dilihat dengan meng-klik pada link URL berikut Outdoor Adventuring Bersama Jogja Geowisata

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*