Menelaah Aksi SMS Tipu-Tipu Yang Mengaku-aku dari M-KIOS

Saya beberapa kali sering menerima SMS yang mengaku-aku dari MKIOS yang bunyinya seperti ini di bawah ini, dan tentunya SMS-SMS lain yang bunyi dan isinya hampir-hampir mirip:

“M-KIOS Hasil pengundian berkat isiulang pulsa.Anda men-dpt HONDA JAZZ RS No.Pin SKL9F78TU U/info hub: 082324234445 Atau klik: www.infolayananpt-mkios.webs.com

atau seperti gambar di bawah ini

Screenshot_2014-05-15-22-57-22Saya yakin tidak hanya saya yang pernah menerima SMS penipuan seperti ini. Mungkin hampir semua pelanggan pemegang kartu SIM salah satu operator di tanah air ini, pernah menerima SMS-SMS penipuan seperti ini. Dan ketika anda mencoba menghubungi nomor yang digunakan untuk mengirimkan SMS-SMS tersebut, sangat bisa dipastikan nomor tidak akan bisa dihubungi karena modus operandinya adalah pelaku menggunakan nomor prabayar yang berbeda-beda setiap kali mengirimkan SMS ke sekian banyak nomor secara acak kemudian nomor tersebut segera dibuang dan mereka akan menggunakan nomor yang berbeda untuk mengirimkan SMS yang sama begitu seterusnya sampai mereka mendapatkan mangsa. Saya tidak tahu seberapa jauh peran operator dalam hal ini untuk menanggulangi dan mencegah penipuan dengan memanfaatkan layanannya. Dan saya punScreenshot_2015-02-06-22-44-30~2 tidak akan membahas disini.

Ketika saya googling pun ternyata banyak juga para blogger yang membahas aksi penipuan yang berkedok undian berhadiah dengan mengirimkan SMS ke nomor-nomor HP orang lain. Semakin banyak blogger menuliskan dan membahas kedok penipuan dengan modus seperti ini akan semakin baik karena dengan demikian akan semakin banyak informasi yang tersebar sehingga bisa membantu mencegah jatuhnya korban penipuan.

Sangat jelas isi SMS di atas adalah penipuan. Kenapa bisa begitu, berikut beberapa alasan yang sangat gamblang secara kasat mata pun saya bisa melihatnya:

  1. Program undian berhadiah akan selalu diinformasikan secara resmi di media cetak , online maupun elektronik oleh penyelenggara program undian berhadiah yang dilakukan oleh perusahaan besar. MKIOS adalah salah satu anak usaha Telkomsel. Sebagai perusahaan besar, sangat-sangat tidak mungkin Telkomsel membuat program undian berhadiah tanpa didahului adanya informasi atau iklan tentang program undian berhadiah tersebut di media cetak, online maupun elektronik. Selama ini saya belum pernah sama sekali mendengar, membaca atau melihat Telkomsel mengiklankan program undian berhadiah mobil dan lainnya dari MKIOS ini di media manapun. Kalau tiba-tiba dan sekonyong-konyong bak ada petir di musim kemarau saya menerima SMS berkali-kali bahwa saya pemenang undian berhadiah dari MKIOS jelas tentu saja SMS ini adalah SMS bohong alias penipuan. Dan lucunya SMS-SMS yang saya terima hadiahnya berbeda-beda dari hari ke hari. Misalnya hari ini terima SMS yang mengatakan nomer saya pemenang Honda Jazz, lain hari saya menerima SMS sebagai pemenang hadiah yang lain. Dan yang pasti mereka selalu menyebutkan “PIN” yang terkait dengan hadiah tertentu mungkin biar kelihatan mentereng dan gagah. Nah biasanya di akhir SMS mereka menyebutkan alamat website dan PIN tadi terkait dengan hadiah yang mana bisa dicek di website yang diberikan oleh si penipu ini. Jadi kesimpulannya jangan hiraukan SMS-SMS seperti ini dan langsung hapus dari handphone anda.
  2. Pemenang promo undian berhadiah dari sebuah perusahaan besar biasanya akan selalu diumumkan di media cetak berkaliber nasional seperti diterbitkan di Kompas dan tentu saja akan diumumkan juga di official website mereka. Tidak akan pernah sama sekali pemenang dihubungi dan diberitahu lewat SMS. Selalu cross check dengan sumber informasi yang jelas, misalnya dengan mengunjungi official website mereka dan bila perlu tilpon ke nomer tilpon customer service mereka.
  3. Official website Telkomsel beralamat di www.telkomsel.com dan official website layanan MKIOS beralamat di http://mkios.telkomsel.com. Alamat website selain kedua alamat tersebut adalah palsu, bukan alamat official website Telkomsel. Check alamat official website mereka melalui mesin pencari seperti Google dan lainnya. Kalau kita lihat isi dari SMS tersebut di atas mereka menyebutkan alamat website dengan menggunakan domain gratisan “webs.com“. Mana mungkin perusahaan besar menggunakan domain gratisan? Terus terang saya tidak meng-klik URL yang disebutkan di SMS tersebut karena sudah tahu sedari awal kalau website tadi palsu. Mungkin mereka menuliskan informasi macam-macam di website tersebut, mengklaim dan untuk meyakinkan calon korban seolah-olah informasi yang diberikan benar untuk mendukung isi dari SMS tadi. Contoh domain gratisan yang lainnya adalah “blogspot“, “wordpress“, “.tk” dan masih banyak lagi. Jadi seandainya anda menerima SMS bla bla yang mengatasnamakan suatu produk atau perusahaan dan menginformasikan anda mendapat hadiah dan disuruh melihat lebih detail ke alamat web dengan domain gratisan seperti contoh yang saya sebutkan di atas, apalagi web abal-abal tersebut memasang photo atau mencatut nama tokoh-tokoh terkenal seperti Gubernur DKI, Humas Polda Metro Jaya dan lain sebagainya maka jangan ragu-ragu segera hapus SMS tadi dan jangan hiraukan.
  4. Telkomsel pernah menghimbau kepada para pelanggannya untuk berhati-hati dengan modus penipuan melalui SMS. Himbauan Telkomsel tersebut salah satunya bisa dilihat disini: http://www.telkomsel.com/about/news/602-telkomsel-dan-polda-metro-jaya-bongkar-penipuan-undian-sms-berhadiah.html
  5. Berita di salah satu portal online tentang tertangkapnya jaringan penipu lewat SMS bisa dibaca disini: http://news.detik.com/berita/3063672/sekali-lagi-jangan-mudah-percaya-dengan-modus-sms-mama-minta-pulsa
  6. SMS dari MKIOS yang asli yang berasal dari Telkomsel bunyinya tidak akan jauh-jauhmkios seperti yang terlihat dalam gambar di samping. Isinya hanya berupa pemberitahuan bahwa nomor kita telah diisi dengan pulsa sesuai dengan nomor voucher pembelian. Kemudian pengirimnya yang tertera di layah HP kita akan tertulis “MKIOS” bukan berupa nomor HP. Seandainya anda menerima SMS yang dikirim dari nomor HP dan mengaku-aku dari MKIOS (biasanya mereka menulisnya dengan M-KIOS) kemudian isinya bukan seperti gambar di samping melainkan isinya seolah-olah pemberitahuan bahwa anda sebagai pemenang dari sebuah undian berhadiah, sangat bisa dipastikan SMS tersebut adalah palsu, tidak perlu ditanggapi dan berita dari isi SMS tersebut adalah bohong.
  7. Nahhhh muncul ide iseng saya untuk mencoba menilpon no HP yang disebut di dalam SMS. Anehnya nomer HP untuk mengirim SMS  dengan no HP yang disebut di dalam SMS berbeda. Ketika saya tilpon nomer tersebut, sengaja saya rekam. Di dalam percakapan tersebut saya berlagak seolah-olah jadi orang lugu hehehe. Rekaman percakapan saya dengan suara orang di seberang sana yang mengaku-aku bernama dokterandus bambang sucipto saya unggah di YouTube (durasi 4 menit 18 detik), dengan harapan saya bisa ikut serta memberikan informasi kepada orang lain dan semakin banyak orang yang tahu agar supaya berhati-hati dengan modus penipuan seperti ini.
  8. Si pelaku ini sepertinya tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Dari caranya dia bicara saya jadi teringat gaya bahasa dan logat-logat yang digunakan para tukang obat atau tukang jamu hehe. Kemudian dia dengan pede-nya memperkenalkan diri dengan menyebutkan gelar dokterandus hehahaha. Sepertinya dia tidak tahu kalau gelar dokterandus itu warisan pendidikan jaman baheula, orang-orang tua saja yang menyandang gelar tersebut, bahkan mungkin sekarang sudah sangat jarang sekali orang yang tersisa dari warisan pendidikan masa lampau yang menyandang gelar dokterandus, karena memang sudah lekang dimakan waktu. Gelar-gelar sarjana di dunia pendidikan Indonesia sudah berubah sejak adanya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomer 036/U/1993 waktu itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih dijabat oleh Fuad Hasan (sumber Wikipedia klik untuk mengetahui detail keputusan menteri tersebut). Dengan demikian sarjana-sarjana yang lulus dari pendidikan tinggi setelah keputusan menteri tersebut dikeluarkan tidak akan ada yang bergelar dokterandus (Drs), dan itu sudah berlangsung sejak 21 tahun yang lalu. Dari suaranya saya yakin si pelaku ini masih belum berumur 50tahun ke atas. Artinya sangat kelihatan sekali ketidaktahuan si pelaku mengenai dunia pendidikan tinggi dan membuat blunder dengan mengaku-aku bergelar dokterandus wkwkakahihihahah
  9. Salah satu contoh bahwa kebanyakaan para pelaku dengan modus penipuan SMS tidak berpendidikan tinggi bisa dilihat dari berita tertangkap dan dihukumnya pelaku penipuan SMS yang mengaku-aku dari Telkomsel dengan hadiah 75jt. Ternyata rata-rata pelaku  sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik dan tani. Cocok dengan analisa saya di poin no 7 dan gaya bahasa dan suara si pelaku yang saya rekam di poin no 10. Berikut link tautan yang saya kutip dari berita online detik.com Akhir Cerita Pelaku SMS Penipuan ‘Anda Pemenang Telkomsel Rp 75 Juta’
  10. Apakah pelaku yang diberitakan di detik.com dalam tautan di atas sama dengan pelaku yang mengaku-aku dari M-KIOS ini? mungkin beda atau mungkin masih dalam lingkaran kelompoknya, namun yang jelas modus operandinya mirip. Intinya begini, SMS-SMS yang mengaku-aku memberikan hadiah, baik yang mengaku-aku seolah-olah dikirimkan dari Telkomsel, M-KIOS, Indofood atau perusahaan-perusahaan lainnya, sangat bisa dipastikan PALSU dan MENIPU. Jadi jangan pernah ditanggapi.
  11. Silahkan kunjungi URL YouTube di bawah ini untuk mendengarkan lebih lanjut percakapan saya yang berlagak lugu dengan dokterandus bambang sucipto pelaku dari emkiyos:

http://www.youtube.com/watch?v=RvNWNcv7a70

Berdasarkan beberapa poin telaahan saya tersebut di atas jelas sekali kelihatan kalau informasi yang terkandung di dalam SMS-SMS seperti tersebut di atas adalah palsu dan mengandung unsur penipuan. Sebarkan informasi ini, semoga kita bisa selalu berhati-hati dan tetap waspada supaya terhindar dari aksi-aksi penipuan dari orang-orang jahat dan tidak bertanggung jawab. Salam waspada….

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Menelaah Aksi SMS Tipu-Tipu Yang Mengaku-aku dari M-KIOS

  1. fikry says:

    jika trjadi hal serupa apakah bisa di laporkan ke pihak yg brwajib ?

    • WiD says:

      Bisa Mas..apalagi klo Mas Fikry sudah mengalami kerugian materi. Saya yakin pihak berwajib akan menindaklanjuti laporan Mas Fikri. Beberapa waktu lalu pihak berwajib juga berhasil menangkap beberapa orang yang melakukan penipuan dengan cara atau modus seperti ini.

  2. patria pandu says:

    Terima kasih atas pemberitahuannya saya hampir aja kena tipu.

  3. Rita Dyah Pusporini says:

    terima kasih pak, hampir saja saya kena tipu. Sebenarnya ini sudah sering dan tidak saya tanggapi , tapi hari ini saya iseng buka web nya . dan saya lanjutkan dengan menelpon no hp yg tercantum. Tapi sebelum saya baca tulisan bapak, ketika bicara di telpon, saya sudah curiga, memang ada aura tidak sekolah cukup, nada suara dan gaya bahasanya tidak jauh dengan tukang cukur. Yang membuat saya ingin menghubungi adalah di web nya tercantum cara-cara bekerja sama penjualan pulsa dan detail keuntungan yang di dapat. dan saya tidak berpikir panjang, sambil saya cari-cari info saya katakan bahwa saya belum ada uang , masih harus tunggu punya uang . saya bilang kalau memang itu hadiah kenapa harus ada tebusan dengan membeli pulsa Rp. 100.000 x 5. Kemudian orang itu menelpon saya dan menanyakan kapan ada uangnya , kemudian menanyakan apakah ada no rek bank ? Saya jawab ada , tapi tidak ada uangnya. Kemudian dia bilang akan kami tunggu, jadi sebenarnya siapa yang butuh ?

    • WiD says:

      Iya betul Bu, harus waspada selalu. Sebenarnya Ibu tadi bisa merekam ketika Ibu melakukan pembicaraan atau SMS dengan pelaku. Kemudian hasil rekaman tersebut bisa Ibu sebarkan via YouTube atau media sosial lainnya untuk menambah dan memberikan informasi kepada yang lainnya agar selalu waspada dengan modus-modus penipuan seperti ini.

  4. Sri H says:

    Alhamdulilah infonya Allah telah menunjukan kepada sy untuk membuka situs ini.Saya merasa yakin kalau sms yang sering saya terima berkedok penipuan belaka. Mudah mudahan penipu penipu itu akan sadar bahwa cari uang tidak harus seperti itu.

    • WiD says:

      Iya Bu, kita harus selalu waspada. Dan saya sangat setuju dengan Ibu, semoga penipu-penipu tersebut cepat sadar dengan perbuatan mereka.

  5. Halo Kami dari Event Jakarta ingin berkunjung ke artikel Anda, artikelnya menarik, ijin baca ya.

  6. kartini says:

    Hariii ini aku kena tipu 300 ribu

  7. susi wati says:

    Saya tadi di telp. Katanya dapat hadiah… uangnya sudah di deposito di mandiri…
    Tapi masalahnya pengirimny no ponsel biasa , simpTi… tetapi sya cek link nya http://www.mkios-tahun2016.blogspot.com.. memang ada pin saya tertera, bahkan ada juga yg sudah suksesdpt hadiahnya… dan ada bukti pemberitahuan dari BANKMANDIRI bahwa saldo nya dikirim sbgai bukti Rp.100 .. memang ada, lalu kata si penwlpon dia siap membantu cara pengambilan hadiah. Mhon di jawab yaaa

    • WiD says:

      Jangan percaya Bu…semua bohong dan mereka penipu. Kalau Ibu ada kecurigaan lebih baik lapor polisi. Tidak ada program MKIOS. Jangan dilayani apa yang dibilang si penilpon. Lebih baik Ibu ke kantor polisi dan ketika si penilpon kembali menghubungi Ibu, sebisa mungkin bapak-bapak dari kepolisian ada di samping Ibu, sehingga jaringan penipu ini bisa ditangkap. Website perusahaan tidak ada yang menggunakan alamat domain blogspot. Itu website gratisan dan semua orang bisa membuat. SELALU WASPADA DAN HATI-HATI!!

    • Ephie sinaga says:

      Saya juga Bu dari website itu juga

  8. siti nuraeni says:

    pa saya udh kena tipu 3rt ribu kalo mau ngelaporin gmana caranya agar si Penipu jera dan ada blesan nya. soalnya 3rt ribu itu saya minjem saya tidak puas kalo di biarkan begitu aja. makasih

  9. Ephie sinaga says:

    Saya juga baru aja hampir kena tipu
    Entah kenapa saya tdk mau isi pulsa 500 rbu karena dy maksa dlm beberapa menit Dr situ saya kurang percaya
    Stelah itu saya di maki.maki karena gak mau nurutin ngirim plsanya

  10. darna says:

    Saya sudah terlanjur isi pulsa 500rb..Mn tu..?

  11. darna says:

    Gmn tu..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*