Arti Tanda Centang Dobel Warna Biru di WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini menghadirkan fitur baru dalam layanan messenger mereka, yaitu adanya tanda centang dobel warna biru. Layanan ini hadir di semua platform, baik Android, iOS, Windows Phone, Nokia S40, Nokia S60, Blackberry 10. Layanan ini hanya akan terlihat apabila kita telah mengupdate dengan WhatsApp versi terbaru. Silahkan download melalui download center di perangkat anda masing-masing untuk mendapatkan update WhatsApp versi terbaru.

Apakah arti tanda centang dobel warna biru tersebut? pada versi sebelumnya ketika kita mengirimkan pesan melalui WhatsApp, kita hanya akan melihat dua tanda, centang satu warna abu-abu dan centang dobel warna abu-abu. Centang satu warna abu-abu artinya pesan telah terkirim, sedangkan centang dobel warna abu-abu artinya pesan telah sampai kepada teman chatting kita. Namun pada versi sebelumnya kita tidak tahu apakan teman chatting kita telah membaca pesan yang kita kirimkan tersebut atau belum. Tidak seperti halnya di BBM yang ada tanda D (Delivered: pesan telah sampai) dan R (Read: pesan sudah dibaca).

Nah pada WhatsApp versi terbaru mereka telah menghadirkan penanda ini, yaitu centang dobel warna biru yang artinya pesan telah dibaca oleh lawan chatting kita. Dengan demikian sekarang di WhatsApp ada 3 yang menyertai pesan yang kita kirimkan, centang satu warna abu-abu (artinya pesan terkirim), centang dobel warna abu-abu (artinya pesan telah sampai) dan centang dobel warna biru (artinya pesan telah dibaca). Contohnya seperti di bawah ini:

Screenshot_2014-11-10-03-06-04

Artinya pesan “Iya hati2 ya..” yang terkirim pada jam 2:14 sudah terkirim, diterima dan sudah dibaca oleh teman chatting saya di WhatsApp. Kemudian kalau seandainya kita ingin mengetahui lebih detail kapan pesan tersebut terkirim dan dibaca oleh teman kita, caranya sangat mudah yaitu sorot pesan yang akan kita lihat, kemudian tahan agak lama. Setelah itu akan muncul tanda atau icon i di bagian atas layanan WhatsApp. Klik icon tersebut, maka kita akan mendapatkan info lebih detail mengenai informasi yang kita kirimkan seperti contoh gambar di bawah ini:

Screenshot_2014-11-10-03-22-12

Nah dari layanan “Message Info” saya bisa tahu kalau pesan yang saya kirimkan sudah diterima oleh teman saya pada pukul 2:14 dan dibaca pada jam yang sama yaitu pukul 2:14.

Bagaimana halnya dengan WhatsApp group? di WhatsApp group agak berbeda. Ketika kita posting sebuah pesan di group, kita tidak akan mendapati atau melihat tanda centang dobel warna biru. Tanda yang kita dapatkan hanya centang satu warna abu-abu. Kemudian bagaimana caranya kita tahu kalau pesan yang kita kirimkan sudah diterima dan dibaca oleh siapa saja anggota di group? caranya sama seperti di atas, dengan meng-klik agak lama pesan yang kita kirimkan kemudian klik Message Info, seperti contoh gambar di bawah ini:

IMG-20141110-WA0000Dari Message Info saya menjadi tahu kalau pesan yang saya kirimkan di group WhatsApp sudah dibaca oleh 3 anggota WhatsApp dan sudah diterima oleh beberapa anggota yang lainnya.

Nahh sekarang tidak ada alasan teman anda untuk tidak membaca atau membalas kiriman pesan anda di WhatsApp dan demikian juga sebaliknya, karena sekarang kita bisa mengecek status pesan yang kita kirimkan. Namun tentu saja apakah akan membalas pesan tersebut atau tidak tentunya kembali kepada urgensi kita masing-masing terhadap pesan tersebut.

Semoga tulisan singkat di atas berguna…..

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Tips and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Tanda Centang Dobel Warna Biru di WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*