Bagaimana Cara Membuat Rata Tengah (Center Alignment) pada Themes Twenty Fourteen di WordPress

Saya menggunakan WordPress versi 4.2.2 pada saat tulisan ini saya buat.

Seperti yang sudah diketahui, ketika kita memilih WordPress sebagai sarana untuk membuat blog maka blogger bisa memilih beberapa pilihan themes untuk menampilkan postingan-postingan atau tulisan-tulisannya. Themes ini ibaratnya seperti baju dan make up bagaimana seseorang bisa tampil dengan percaya diri dengan berbagai macam variasi baju dan make up. Begitu pula dengan sebuah blog, bagaimana blog bisa tampil menarik dan enak dilihat oleh pengunjung blog.

Salah satu themes yang ditawarkan pada WordPress versi 4.2.2 adalah Twenty Fourteen.  Beberapa themes lain yang ada antara lain Twenty Ten, Twenty Eleven, Twenty Thirteen, Twenty Fifteen. Saya tidak tahu sejarahnya kenapa WordPress banyak menamai themes-themes yang mereka gunakan dengan nama angka.

Ketika kita memilih Twenty Fourteen sebagai themes blog kita, maka pertama kali ketika kita aktifkan, kita akan mendapatkan blog kita by default rata kiri seperti nampak dalam gambar di bawah ini:

 ratakiri

Sehingga ketika blog tersebut ditampilkan di peramban (browser), akan terlihat hanya bagian kiri peramban yang akan terisi oleh halaman blog kita. Pengunjung atau pembaca blog akan merasa tidak nyaman ketika membaca tulisan-tulisan kita ketika posisi blog seperti itu, karena mata akan cenderung untuk melihat ke kiri terus-menerus yang akan menyebabkan mata cepat lelah.

Bagaimana caranya agar posisi blog kita ketika menggunakan themes Twenty Fourteen bisa berada di tengah atau rata tengah dengan peramban seperti di bawah ini?

ratatengah

Berikut di bawah ini langkah-langkah untuk bisa membuat posisi blog terhadap peramban berada di tengah atau rata tengah:

  • Install plugin baru yang namanya Custom CSS Manager. Caranya dari Dashboard > Plugin > Add New

instalplugin

 

  • Pada kolom search tuliskan nama plugin yang akan dipasang “Custom CSS Manager” tekan tombol Enter

addnewplug

  • Kita akan diarahkan pada halaman plugin seperti berikut

cssmngr2

 

  • Klik tombol Installed dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Ketika sudah selesai, jalankan plugin tersebut dengan cara sebagai berikut Dashboard > Appearance > Custom CSS Manager

appearance

 

  • Halaman Custom CSS Manager akan terbuka seperti di bawah ini. Kemudian ketikan code seperti yang tertulis di bawah ini pada CSS Code di Custom CSS Manager kemudian klik Save Changes

 

cssmngr

  • Refresh browser dan blog kita sudah akan tampil dengan posisi rata tengah terhadap peramban/browser

Semoga tulisan di atas bermanfaat…silahkan mencoba.

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Bagaimana Cara Membuat Rata Tengah (Center Alignment) pada Themes Twenty Fourteen di WordPress

  1. walidin says:

    Keren gan tipsnya hanya dengan install plug in di bog dan sedikit coding bisa langsung jadi. kalau di blog blogger agak sedikit rumit gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*