Bagaimana Cara Mengambil Alih Akun Facebook yang Dibajak Orang

Saya punya akun Facebook dan kebetulan belum pernah dibajak (hack) orang tak dikenal, dan tentunya jangan sampai dibajak. Apa yang akan saya tuliskan disini bukan berdasarkan pengalaman saya sendiri, melainkan terjemahan bebas dari apa yang disebutkan di Facebook Help Center. Artinya uraian yang nanti anda baca adalah teori yang diberikan oleh Facebook Help Center bagaimana caranya kita bisa mengambil alih akun Facebook yang sudah dibajak orang yang tidak kita kenal.

Click salah satu pilihan sesuai dengan apa yang kita alami dengan akun FB kita, misalnya klik “My account is hacked”

 

 

 

 

 

Kemudian klik pada link “Secure it here” , akan muncul window berikut

 

 

 

  • Klik tombol “My Account Is Compromised”, akan muncul window seperti dibawah

 

 

 

 

 

 

 

Isikan salah satu di antara tiga pilihan di atas (salah satu saja), bisa alamat email atau no tilp yang kita isikan pada saat kita membuat akun FB, atau username FB atau bisa juga memasukkan salah satu teman yang ada di daftar pertemanan FB kita. Untuk kali ini saya akan mencoba memasukkan email address.

  •  Klik tombol “Search” maka akan muncul window dibawah

 

 

 

 

Masukkan password lama kita, yaitu password yang kita gunakan sebelum akun FB kita dibajak.

  • Klik tombol “Continue”, muncul window berikut

 

 

 

  • Klik tombol “Continue”, muncul window untuk membuat password baru. Disana disebutkan juga tips bagaimana membuat password yang kuat, yang sangat susah untuk dibajak orang. Sebisa mungkin kita mengikuti tips yang diberikan disitu. Nanti ketika kita mengisikan password yang baru, FB akan mendeteksi apakah password baru yang kita tuliskan lemah, sedang, atau kuat (weak, medium, strong). Setelah password kita ganti, nanti akan muncul konfirmasi penggantian password yang dikirimkan ke email kita.

 

 

 

 

 

  • Kemudian langkah selanjutnya klik tombol “Continue”. Akan muncul window dibawah

 

 

 

Kalau kita yakin tidak ada orang lain yang tahu password email yang kita gunakan untuk konfirmasi di FB, kita bisa langsung menuju langkah berikutnya. Namun kalau kita ragu bahwa ada orang lain yang tahu akun email kita, maka kita bisa melakukan penggantian password dengan mengklik link “Change password”, nanti akan diarahkan ke laman akun email kita masing-masing. Misalnya saya menggunakan akun gmail, maka ketika saya meng-klik ‘Change password”, akan diarahkan pada laman akun Google. Disana selanjutnya kita bisa merubah password email kita masing-masing.

  • Setelah selesai klik tombol “Continue” untuk menuju langkah berikutnya

 

 

 

 

  • Akun kita sudah terverifikasi. Langkah berikutnya click tombol “Continue”

 

 

 

Buatlah pertanyaan rahasia yang jawabannya hanya kita yang tahu untuk mengantisipasi kedepannya orang yang akan membajak akun FB tidak akan semudah sebelumnya.

  • Kemudian klik “Submit” dan selesailah langkah-langkah untuk mengambil alih akun Facebook kita kembali dari hacker. Window dibawah akan kita lihat. Klik tombol “Login” untuk test akses ke Facebook dengan menggunakan akun yang baru saja kita dapatkan kembali.

 

 

 

 

 

Semoga tips dari Facebook Help Center di atas bermanfaat. Dan tentu saja yang paling penting adalah semoga akun Facebook kita masing-masing tidak pernah dibajak orang.

 

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com). Alumni Teknik Geologi UGM, sekarang masih bekerja di Schlumberger (www.slb.com), sekaligus menekuni sebagai Personal Blogger. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging
This entry was posted in Tips and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Bagaimana Cara Mengambil Alih Akun Facebook yang Dibajak Orang

  1. saya tidak dapat login ke facebook

    • WiD says:

      Mbak masiehiethaa sudah mencoba me-recover password FB-nya dengan cara mengikuti langkah/petunjuk yang disebutkan di Facebook Help Center? Apa yang saya tuliskan di atas adalah terjemahan dari apa yang disebutkan di Facebook Help Center.

    • dwiyansyah says:

      minta tolong mas…akun sy kena hack emailnya ” robbymu@ymail.com “sdh sy coba2 langkah yg mas kasih di atas tp mentok di pertanyaannya saya sdh lupa??

    • WiD says:

      Mas Dwi, langkah-langkah yang disebutkan di Facebook Help Center meminta kita untuk memasukkan juga email atau credential information lainnya yang kita gunakan pada saat kita membuat akun FB (dan hanya Mas Dwi yang tahu), karena nantinya informasi password FB yang berhasil di-restore akan dikirimkan ke alamat email kita tersebut. Apabila email Mas Dwi ternyata juga dibajak orang, persoalannya akan lebih rumit. Yang paling mudah untuk bisa dilakukan adalah mencoba membuat akun FB yang baru dengan password yang lebih kuat (kombinasi dari beberapa huruf, angka, dan special character) kemudian mencoba untuk menginformasikan ke teman-teman Mas Dwi kalau akun Mas Dwi sekarang sudah ganti dengan akun baru dan akun lama bukan milik Mas Dwi lagi.

  2. anggi thuee krenzz says:

    thanks ats inform nya…

    sya kirain fb saya gak bakalan kembali,,, ternyata kembali..

    1x lagi tanks..

    • WiD says:

      sama-sama Mbak Anggi, sebenarnya saya hanya menerjemahkan apa yang disebutkan dalam Facebook Help Center. Saya ikut senang FB Mbak Anggi bisa diakses kembali.

  3. laras olivia wijaya says:

    tolong bantu saya

    • WiD says:

      Mbak Laras, saya tidak bisa bantu lebih jauh..karena apa yang saya tuliskan di blog ini hanya terjemahan dari Facebook Help Center. Akan lebih susah dan rumit untuk merestore kembali password FB apabila email untuk masuk ke FB Mbak Laras juga di-hack.

    • laras olivia wijaya says:

      tolong dong usahakan
      email fb yg di heck saya tahu
      emailnya adalah laraswijaya1@yahoo.co.id

  4. allysa says:

    mas wid.. saya sudah ikuti langkah2 diatas tapi sampai pada saya harus menuliskan alamat email, ho hape dan username FB disana saya kesulitan ketika dilangkah selanjutnya ada pertanyaan tentang password saya karena katanya saya memasukan psswrd lama, jadi sepertinya paswrdnya sudah diganti 2 kali ya… makanya saya tidak bisa kelangkah selanjutnya… klo seperti ini bagaimana mas…? mohon dibantu karena di rumah jadi heboh karena FB saya ini diisi dengan hal2 porno, padahal ini FB untuk keluarga, teman kantor dan juga teman kampus saya… terimakasih sebelumnya…

  5. mariska damayanti says:

    mas fb sya d bajak, gimana cara.a kalau setelah di cek dsitu ada kterangan masukan kode enam digit yg sudah di beri,sedangakan sya tdk tw kode trsbt!

  6. Rudi Yunianto says:

    FB ane di akses orang lain.dan saya sudah tidak bisa masuk lagi . jika saya tulis email & kata sandi saya akan muncul tulisan ” akun anda telah diakses oleh orang lain ”
    terus saya klik lanjutkan dan ada 3 pertanyaan yaitu :
    -masuk melalui browser yg anda gunakan
    -identifikasi foto teman
    -pertanyaan keamanan
    saya sudah bisa melengkapi 3 pertanyaan diatas
    dan saya masih belom bisa masuk.
    bisa ngebantu ga gan ?
    tolong yah

  7. doyo says:

    mas akun fb saya di bajak, saya telah ikuti langkah di atas tp ketika setelah langkah securyti ecountlangkah2nya udah beda

  8. tolong bantu saya bak/om fb saya di hack orang ni email saya
    uciha_sasuke_1st@yahoo.com

  9. rahayu nuri says:

    tolong dong mas di bantu, udah ngikutin langkah2 di atas tape tetep aja ngak berhasil.
    ni email nya rahayu_nuriie@ymail.com

    • WiD says:

      Mbak Nuri, saya sarankan coba langsung ikutin petunjuk yang ada di official facebook help. Untuk bisa recover Facebook tidak cukup email saja, tetapi password email Mbak Nuri juga..ayoo Mbak Nuri ga mau kan klo sharing password email ke saya. Jadi lebih baik coba Mbak Nuri lakukan sekali lagi sendiri, sesuai langkah-langkah yang disebutkan di official Facebook help. Link-nya seperti yang saya tuliskan di posting ini.

  10. Indra says:

    Mas tolong balikin fb saya yg kena hack,?terakhir email saya,indra.selalu@yahoo.com,.kta sandi.y ma email.y udah di gnti.mas tolong bsa bantu?ku gk ngerti terjemahan di atas,binggung.tolong mas.sblum.y mksh

    • WiD says:

      Mas Indra yang pasti saya tidak bisa bantu balikin FBnya. Pelajaran yang bisa dipetik disini adalah ketika membuat kata sandi/password apapun buatlah password yang kuat, jangan password yang mudah ditebak oleh orang lain. Coba bikin FB baru saja, kemudian info-kan ke temen2 Mas Indra kalau FB-nya bukan FB yang lama lagi.

  11. jerry klinten says:

    fb aku di bajak sama orang yg gak ada otak

  12. shary says:

    Mau minta tolong dong…fbq d blokir npassword.y dah d ganti:(
    aq mau mintol nie untuk di ambil alih balik dah ke sy pemilik.y. bantu donkk:(

    • WiD says:

      Maaf mbak/mas saya tidak bisa bantu. Alternatif lainnya Mbak Shary bikin akun FB yang baru, jangan lupa bikin password yang kuat dan susah ditebak oleh orang lain. Dari akun FB yang baru itu mbak Shary bisa info ke teman-teman mbak klo akun lama sudah bukan milik mbak Shary lagi.

  13. Ady Nugroho says:

    Min fb saya di bajak sandi dah di ganti nomor hp dah di hapus trus email sudah gak aktif. Itu gimana????
    adysetrez@ymail.com

    • WiD says:

      Maaf saya tidak bisa bantu untuk mengembalikan FB Mas Ady. Coba anda membuat akun FB yang baru dengan password yang kuat, dan menginformasikan kepada temen-temen klo FB anda sudah ganti, sedangkan FB lama sudah bukan milik anda lagi.

  14. sony says:

    facebook saya di bajak tolong d bukain dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>