Cara Beriklan di Facebook dengan Facebook Adv

Tidak bisa dipungkiri bahwa Facebook adalah salah satu media online yang sangat efektif digunakan untuk mempromosikan produk, jasa, berita, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook yang jumlahnya mencapai ratusan juta. Sebuah pangsa pasar online yang sangat besar.

Untuk memperkenalkan produk, jasa, atau kegiatan yang kita lakukan akan sangat efektif dengan melalui sebuah iklan. Apa yang akan saya uraikan disini adalah cara beriklan melalui Facebook Adv, bukan melalui iklan yang besar kemungkinan bisa mengganggu pengguna Facebook yang lainnya seperti dengan cara tagging photo dari produk dan jasa yang akan kita tawarkan di Wall Facebook pengguna yang lainnya tanpa ijin.

Dengan beriklan melalui Facebook Adv, sangat besar kemungkinannya produk atau jasa yang akan kita tawarkan akan dikenal oleh calon pelanggan kita. Iklannya akan ditampilkan di sisi kanan halaman Facebook dibawah tulisan “Sponsored”. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita beriklan melalui Facebook Adv:

  1. Berapa besar dana yang akan kita sediakan untuk beriklan. Batasi berapa lama periode waktu kita akan beriklan. Semakin lama kita pasang iklan melalui Facebook Adv, semakin besar dana yang dibutuhkan.
  2. Harus mempunyai kartu kredit, karena pembayaran pemasangan iklan di Facebook dengan cara auto-debet kartu kredit, tidak bisa dibayar secara cash.
  3. Kita tentukan siapa target dari produk atau jasa kita. Pemilihan target iklan yang tepat akan memberikan hasil iklan yang lebih efektif. Iklan akan sampai kepada target calon pelanggan secara optimal.
  4. Siapkan tagline dan gambar yang akan dipasang untuk iklan kita. Buatlah dengan kalimat dan gambar yang menarik supaya target pelanggan tertarik untuk meng-klik iklan yang akan kita pasang pada nantinya.

Setelah semuanya sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah memasang iklan di Facebook Adv. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Home Facebook > kemudian lihat di sisi sebelah kiri dibawah group Apps ada tulisan “Ads” dengan simbol Facebook (huruf f) di sebelah kiri > Klik
  2. Akan ditampilkan halaman baru “Campaign & Ads”. Di pojok sebelah kanan atas ada tulisan “Create an Ads”
  3. Isikan parameter yang diminta. Ada 3 parameter yang harus dilengkapi yaitu: Design Your Ad, Targeting, dan Campaign, Pricing, Scheduling
  4. Pada Design Your Ad isikan tagline dan gambar iklan kita yang sudah kita siapkan sebelumnya (step no 4 dari langkah persiapan seperti yang disebutkan di atas)
  5. Pada Targeting, isikan informasi target iklan kita (step no 3 dari langkah persiapan seperti yang disebutkan di atas)
  6. Pada Campaign, Pricing, Scheduling isikan informasi pendanaan yang sudah kita siapkan sebelumnya (step no 1 dari langkah persiapan seperti yang disebutkan di atas). Semakin besar budget yang kita pasang setiap harinya, maka semakin sering iklan kita akan ditampilkan oleh Facebook.
  7. Setelah selesai, kemudian kita save
  8. Form billing akan ditampilkan. Isikan informasi kartu kredit kita yang akan kita gunakan untuk membayar biaya pemasangan iklan sesuai dengan parameter yang kita isikan pada langkah no 6 diatas

Selamat mencoba dan beriklan…

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com). Alumni Teknik Geologi UGM, sekarang masih bekerja di Schlumberger (www.slb.com), sekaligus menekuni sebagai Personal Blogger. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging
This entry was posted in Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>