Cara Mendaftar e-Filling untuk Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Pribadi

Bagi pemegang NPWP (nomor pokok wajib pajak) pribadi, sudah menjadi ketentuan untuk melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan tidak terkecuali bagi WNI yang bekerja di luar negeri (TKI) dan mempunyai NPWP. Sekarang Ditjen Pajak sudah membuat terobosan untuk mempermudah cara pelaporan secara online sehingga wajib pajak tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara mereka bisa melakukan pelaporan, karena semua bisa dilakukan secara online. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu dan biaya terutama bagi WNI yang bekerja di luar negeri seperti saya ini.

e-Filling adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara online dan real time melalui internet pada website Dirjen Pajak (https://efiling.pajak.go.id/index). Layanan e-Filling melalui website di atas hanya melayani penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan formulir 1770 S dan 1770 SS. Nah untuk bisa mempunyai akses pelaporan pajak melalui e-Filling, kita harus mendapatkan terlebih dahulu electronic filling identification number atau disingkat e-Fin, semacam pin terdiri dari 10 digit angka.

Bagaimana cara mendapatkan e-Fin? sebenarnya bisa mengisi formulir permohonan juga via online. Tetapi e-Fin tidak akan didapat seketika itu juga, katanya baru 3 hari kemudian e-Fin akan dikirimkan via email. Seandainya pas lagi cuti ke Indonesia, akan lebih baik kalau bisa menyempatkan diri datang ke kantor pajak terdekat utk mengurus dan mendapatkan e-Fin. Syaratnya mudah, hanya dengan mengisi formulir dan menyertakan foto kopi NPWP dan KTP.

Jangan membayangkan pelayanan kantor pajak berjubel ruel dan ga nyaman, paling tidak yang saya rasakan di kantor pratama di kota saya, pelayanannya cepat, berdasarkan nomor antrian, ruang tunggu luas, nyaman dan ber-AC. Pagi ini saya mendaftar untuk mendapatkan e-Fin dan tidak sampai 10 menit saya sudah dilayani dan langsung seketika mendapatkan e-Fin pada hari itu juga.

efiling1Atau permohonan e-Fin bisa diwakilkan, misalnya kalau kita pas lagi tidak berada di Indonesia, kita bisa minta tolong teman atau saudara kita untuk mengajukan permohonan e-Fin di kantor Pajak di kota dimana kita berdomisili. Caranya dengan menunjukkan surat kuasa khusus bermeterai dan fotokopi identitas wajib pajak disertai fotokopiefiling2 identitas wajib pajak atau kuasa wajib pajak kepada petugas pajak. Apa yang anda lakukan setelah mendapatkan e-Fin? nah kalau sudah mendapatkan e-Fin, maka perlu aktivasi dan registrasi, caranya pergi kesini https://efiling.pajak.go.id/registrasi. efiling3Kemudian isikan informasi-informasi yang ditanyakan disana. Sesudah selesai maka link aktivasi akan dikirimkan ke email kita yang kita isikan pada saat pendaftaran. Setelah itu kita bisa login masuk ke home e-Filling seperti dalam gambar di samping:

Cukup mudah dan praktis…

¬†Untuk cara pelaporan SPT Online bisa dibaca disini Pelaporan SPT Online…

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara Mendaftar e-Filling untuk Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Pribadi

  1. R. Iskandar says:

    saat ini saya belum mendafatkan e-fin pajak

  2. Darojah Darojah says:

    Saya ingin mendaftar efin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*