Perjuangan Mendaftar Adsense..Susah :)

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Adsense)

Hari Kamis, 15 Desember 2011 yang lalu saya iseng-iseng mencoba mendaftarkan blog saya ini ke Google AdSense. Pendaftarannya diterima oleh Google dan saya bisa memasang HTML code Google AdSense ke dalam blog saya ini, walaupun isi iklannya masih belum ada, hanya berupa kotak kosong di widget area yang sudah saya tentukan di blog saya ini. Dari email notifikasi yang saya terima dari Google AdSense, iklan akan mulai muncul setelah mereka selesai melakukan review terhadap blog yang saya daftarkan ini, yang membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari kerja untuk melakukan review.

Hari ini tepat 4 hari kerja, saya menerima email pemberitahuan dari Google AdSense. Permohonan saya ditolak karena ternyata Google AdSense belum support bahasa Indonesia. Artinya kalau blog kita berbahasa Indonesia, mereka belum bisa mengikutkan dalam program adsense mereka. Untuk sementara ini Google AdSense baru support beberapa bahasa seperti yang mereka sebutkan dalam link berikut https://support.google.com/adsense/as/bin/answer.py?hl=id&answer=9727. Semoga ke depannya bahasa Indonesia masuk dalam review mereka dan disupport penggunaannya di Google AdSense.

Untuk saat ini bahasa Indonesia baru didukung untuk AdSense for Search. Berikut saya cuplikan pengertian AdSense for Search: Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Adsense)

Nahh untuk AdSense for Search ini sudah saya pasang di blog saya ini. Itu tuh yang ada tombol seach dan simbol Google di pojok kanan atas blog saya. Semoga ada yang mencari iklan dari situ hehe.

Hari ini saya juga mencoba mendaftar adsense atau PPC (pay per click) lokal. Saya mendaftarkan blog saya di salah satu PPC lokal. Caranya sangat mudah, kategori iklan bisa dipilih dan saat itu juga kode HTML-nya bisa saya copy dan paste-kan ke Widget Blog saya ini dan iklan bisa langsung muncul. Namun sayang sekali sepertinya filter pada saat memilih kategori iklan yang akan ditampilkan oleh PPC lokal tersebut di blog tidaklah benar-benar berjalan. Misalnya, ketika saya hanya memilih kategori iklan “Kendaraan” dan “Wisata” saja, bayangan saya hanya iklan yang berkaitan dengan kendaraan atau wisata yang akan dimunculkan di dalam iklan tersebut. Namun pada kenyataannya iklan yang dimunculkan adalah kebanyakan diluar kategori yang sudah saya pilih tadi, seperti bisnis uang jutaan dalam sejam, obat perkasa atau kejantaanan, bisnis online, dan lain sejenisnya yang saya justru ingin hindari penayangannya dalam blog saya ini.

Sebenarnya kalau mau sih blog saya ini dirubah menjadi blog berbahasa Inggris supaya bisa didaftarkan kembali ke Google AdSense. Tetapi sayanya yang males hehe, karena memang sedari awal tujuan penulisan blog ini selain sebagai catatan untuk diri sendiri diharapkan juga bisa dinikmati oleh pengunjung blog di Indonesia.

Semoga Google AdSense segera memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu yang disupport, dengan begitu saya bisa mencoba mendaftar lagi, dan judul di atas bisa saya ganti,”Enaknya dapat Penghasilan dari Google AdSense” hehe

Sembari menunggu Google Adsense support bahasa Indonesia, saya sekarang masih googling informasi mengenai PPC atau program adsense lokal yang cocok dan sesuai dengan yang saya inginkan. Ada yang bisa kasih info dan saran kah program PPC lokal yang bagus, dalam arti filter iklan dan tentunya saja pembagian pay per click-nya :)?

Tetapi coba tengok detik.com atau kompas.com, bahasa utamanya bahasa Indonesia, namun kenapa ya Google Adsense bisa nampang disana? mungkin blog saya ini harus sebesar detik atau Kompas dulu baru si Google mau naruh iklannya kesini hehe..

Baca juga artiket terkait di blog ini: Sekarang GoogleAdsense Support Bahasa Indonesia – Ayo Buruan Daftar

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*