Sekarang GoogleAdsense Support Bahasa Indonesia – Ayo Buruan Daftar

Mungkin kabar ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh banyak blogger di Indonesia, salah satunya saya sendiri. Setelah beberapa kali berjuang mendaftarkan blog ini ke GoogleAdsense dan selalu ditolak karena bahasa utama web tidak didukung oleh GoogleAdsense, sampai saya menuliskan keluh-kesah betapa susahnya mendaftar GoogleAdsense di blog ini “Perjuangan Mendaftar Adsense..Susah 🙂” akhirnya kabar gembira yang ditunggu-tunggu datang juga..ya GoogleAdsense akhirnya mendukung bahasa Indonesia. Jangan-jangan pihak Google membaca keluh kesah yang pernah saya tuliskan ya hehehe.

Saya beberapa hari belakangan ini heran, kenapa ada salah satu harian online nasional yang banyak sekali menampilkan iklan dari Google, padahal harian online tadi bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Waktu itu saya berpikiran, mungkin Google melakukan pengecualian terhadap situs-situs besar walaupun bahasa yang digunakan tidak atau belum didukung oleh GoogleAdsense. Sampai akhirnya tadi sore saya penasaran, jangan-jangan memang bahasa Indonesia memang sudah didukung. Kemudian saya browsing layanan bantuan GoogleAdsense yang beralamat di http://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=9727 untuk mengecek kembali bahasa mana saja yang masuk dalam daftar yang didukung. Dan woolllaaa…bahasa Indonesia sudah masuk dalam daftar.

Langsung saja saya ingin membuktikan dengan mendaftarkan kembali blog saya ini. Karena waktu itu saya pernah mendaftarkannya dengan alamat email saya sebelumnya dan ditolak, kali ini saya harus menggunakan alamat email yang baru untuk bisa kembali mendaftar blog yang sama.

Sekarang di menu drop-down Content language sudah muncul bahasa Indonesia. Setelah beberapa saat email konfirmasi untuk membuat code GoogleAdsense yang akan kita pasang di blog kita akan dikirimkan ke inbox email kita seperti contoh berikut:

Ikuti petunjuk yang disebutkan dalam email tersebut. Akan diberikan tautan yang mengarahkan kita untuk login ke GoogleAdsense dengan account email kita. Setelah kita masuk ke account GoogleAdsense, langkah selanjutnya adalah membuat code AdSense yang nantinya akan kita pasang di blog kita, seperti contoh di bawah.

Setelah anda memasang code AdSense ke widget blog anda masing-masing, tidak serta merta iklan dari Google akan muncul secara permanen. Dibutuhkan kurang lebih 4 hari kerja oleh pihak Google untuk memverifikasi apakah blog kita sesuai dan memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk bisa dipasang iklan. Perlu diperhatikan, begitu kita memasang code AdSense di widget blog, akan ada semacam “uji coba” dari GoogleAdsense untuk menampilkan iklan di blog kita. Iklan yang tampil sebenarnya belum permanen. Jangan pernah meng-klik iklan “uji coba” ini, karena kalau kita meng-klik berarti menyalahi salah satu ketentuan yang ditetapkan oleh Google AdSense untuk tidak secara sengaja mengklik sendiri iklan yang muncul di blog kita. Saya senang sekali karena blog saya sekarang sudah terpasang iklan dari GoogleAdsense secara permanen. Artinya aplikasi saya ke Adsense di-approve oleh pihak Google.

Setelah 3-4 hari kerja dari saat kita memasang code GoogleAdsense kita akan tahu apakah aplikasi GoogleAdsense ditolak atau diterima oleh Google. Seandainya diterima maka iklan-iklan dari Google akan secara permanen tampil di blog kita.

Jadi tunggu apa lagi? ayoo buruan daftarkan alamat blog anda ke GoogleAdsense, siapa tahu pada akhirnya nanti banyak iklan Google yang mampir ke blog kita masing-masing. Selamat ber-googleadsensing-ria…

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Tips and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*