Selamat Datang Tahun 2014

Seperti tahun-tahun sebelumnya ketika terjadi pergantian tahun saya mencoba untuk menuliskan cerita perjalanan ketika saya melewati pergantian tahun tersebut, eh siapa tahu pada nantinya anak cucu saya bisa membaca kisah yang saya tuliskan ini, seperti yang pernah saya tuliskan di sini Road to 2012 dan Selamat Tahun Baru 2013.

Seperti biasa menyambut pergantian tahun baru bagi saya seperti menyambut pergantian hari, tidak ada persiapan-persiapan khusus. Karena saat ini saya masih kerja di luar negeri, satu hal yang saya persiapkan jauh-jauh hari hanyalah mencari tiket murah untuk bisa pulang ke Indonesia hehehe. Nah kisah persiapan saya untuk membeti tiket murah untuk liburan tahun baru 2014 pulang ke Indonesia bisa dibaca disini Menukarkan Emirates Skyward Miles dengan Tiket Murah.

Ada keperluan saya harus pulang ke Indonesia pada liburan tahun baru 2014 karena kebetulan travel yang saya kelola (www.jogja-geowisata.com) sedang ramai banyak tamu yang berlibur di Jogja. Saya ingin memastikan semuanya berjalan dengan lancar dan tamu-tamu terlayani dengan baik dan seprofesional mungkin. Selama persiapan menyambut kedatangan tamu-tamu saya tersebut, saya selalu intens berkomunikasi dengan teman-teman di Jogja Geowisata melalu sarana email dan sosial media yang lainnya.

Hari Selasa tanggal 31 Desember 2013, seperti biasa saya masih masuk kantor sambil menunggu pengumuman resmi dari kantor sampai kapan sebenarnya liburan tahun baru. Karena beberapa hari sebelumnya terdengar kabar bahwa hari Kamis, 2 Januari 2014 akan diliburkan juga, dengan demikian akan ada long weekend. Dan benar adanya tanggal 1 dan 2 Januari 2014 diliburkan.

20131231_202721Saya berangkat ke bandara pada hari Selasa, 31 Desember 2013 jam 18.30. Jarak apartemen ke bandara kurang lebih bisa ditempuh dalam waktu 20 menit. Sebenarnya pesawat Emirates yang akan saya naiki menuju Dubai baru akan berangkat pukul 22.30. Saya berpikir bahwa akan terjadi kepadatan yang luar biasa di bandara oleh karena itu saya berangkat lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan tersebut. Ternyata dugaan saya salah. Tidak ada20131231_210137 kepadatan yang luar biasa di bandara. Aktivitasnya biasa-biasanya saja normal seperti hari biasa. Mungkin banyak yang sudah mengambil cuti satu minggu sebelumnya. Untungnya saya pemegang kartu Gold Emirates Skywards, jadi waktu tunggu yang relatif panjang bisa saya habiskan di Emirates Lounge. Lorong masuk menuju Emirates Lounge dibikin sedemikian rupa sehingga kelihatan panjang. Dengan penerangan lampu lorong kelihatan bagus untuk menjadi obyek photo seperti nampak dalam photo di atas. Suasana di lounge pun sepi ga ramai, Lagi-lagi mungkin memang sudah banyak yang terbang keluar jauh-jauh hari. Lagian siapa juga yang mau menghabiskan malam tahun baru di bandara atau di pesawat kecuali segelintir orang termasuk saya ini hehehe. Saya menghabiskan hampir 2 jam di lounge sambil tentunya menikmati makanan dan minuman yang dihidangkan disana.

Tepat jam 22.30 pesawat Emirates membawa saya terbang ke Dubai. Jarak tempuh 1.5 jam menuju Dubai. Mungkin karena kekenyangan makan di lounge tadi, bawaan saya di dalam pesawat pengennya tidur haha..sampai pada suatu ketika saya terbangun karena mendengar sayup-sayup orang bicara seperti suara pilot di ruang kemudi yang sedang melakukan counting down,”5..4..3..2..1 happy new year 2014″. Whooaa ternyata saya kembali merayakan pergantian tahun baru di dalam pesawat Emirates hehehe.

20140101_022731Kurang lebih pukul 1.00 dini hari Dubai time pesawat mendarat di Dubai. Ketika saya melewati terminal transit, saya perhatikan suasananya sepi. Bahkan mungkin jauh lebih sepi dari hari-hari normal sekali pun. Tidak ada suasana hiruk pikuk dan lalu lalangnya penumpang transit. Benar-benar sepi. Pesawat Emirates dari Dubai ke Jakarta yang akan saya tumpangi kebetulan akan di berangkatkan dari terminal B pada pukul 4.00 pagi Dubai time. Karena sudah terbiasa dengan suasana dengan Dubai international airport dan karena saking seringnya saya transit disini, bahkan 20140101_022306saya pernah menuliskan suasana transit di Dubai Aiport, saya agak males juga untuk jalan-jalan melihat-lihat barang-barang yang dipajang di Duty Free.  Langsung saya mencari Emirates Business Lounge yang ada di terminal B untuk menghabiskan waktu sampai waktu boarding tiba. Emirates Business Lounge di terminal B ada di lantai20140101_014456 1. Segera setelah sampai disana, saya mencari shower room untuk sekedar mandi menyegarkan diri. Setelah itu tentunya mencari tempat makan di lounge…maklum hobinya makan, pantesan badan makin gembul saja hehehe. Semangkok buah segar dan segelas minuman sudah membuat saya lumayan terjaga dan kenyang. Sebenarnya banyak ragam makanan dan minuman yang tersedia, tapi perut terasa masih kenyang. Sambil menikmati buah saya sempat memperhatikan sekeliling. Ada beberapa penumpang yang menghabiskan waktu di lounge seperti saya. Mungkin penumpang-penumpang tadi juga berpikir seperti saya, malam tahun baru seperti halnya malam pergantian hari biasa. Sembari menunggu waktu saya sempatkan terus memantau teman-teman di Jogja Geowisata dalam melayani tamu. Ternyata ada salah satu tamu saya yang seharusnya pesawat Garuda yang mengantarkan mereka sudah mendarat di Jogja pada hari Selasa, 31 Desember jam 14.00 WIB, namun karena cuaca buruk pesawat akhirnya dialihkan ke Surabaya dan baru mendarat di Jogja tanggal 31 Desember 2013 pukul 21.00. Sopir dan salah satu pemandu sudah menunggu tamu tersebut dari jam 12.00 WIB dan tetap stand by sampai tamu benar-benar mendarat.

20140101_025547Satu jam sebelum waktu boarding tiba, saya keluar dari lounge dan menuju gate. Wahh ternyata ramai juga penumpang yang akan menuju ke Jakarta pada tanggal 1 Januari 2014, entah itu para wisatawan luar negeri maupun orang Indonesia sendiri. Ternyata banyak juga orang-orang Indonesia yang menghabiskan pergantian tahun baru di bandara atau di dalam pesawat seperti saya haha. Ketika saya melihat penumpang Emirates menuju Jakarta banyak, ada rasa senang dan harap-harap cemas. Kenapa begitu, karena ketika penumpang banyak ada kemungkinan kelas ekonomi penuh dan ada harapan saya di-upgrade ke kelas bisnis hehehe, dengan catatan kelas bisnis masih ada kursi. Saya sudah berkali-kali mengalami upgrade kelas bisnis secara gratis. Lagi-lagi dugaan saya terbukti, saya ternyata di-upgrade ke kelas bisnis Emirates EK 356 Dubai – Jakarta tanggal 1 Januari 2014. Suasana naik di kelas bisnis Emirates sudah pernah saya tuliskan disini suasana duduk di kelas bisnis Emirates.

Tepat jam 15.30 WIB Emirates mendarat di bandara Soekarno Hatta. Segera setelah20140101_172946 urusan bagasi dan custom clearance selesai saya mencari taksi kelas premium. Ternyata banyak sekali yang mengantri di depan konter-konter taksi. Hampir semua konter taksi penuh, entah taksi biru, putih semuanya penuh. Terpaksa saya harus menunggu beberapa saat sampai akhirnya giliran saya mendapatkan sebuah taksi Mercy dari taksi biru dan tak lama kemudian meluncur mengantarkan saya membelah jalanan Ibu Kota. Saya sendiri heran, saya pikir bakal menghadapi kemacetan bahkan mulai dari tol bandara. Namun kali ini jalanan benar-benar sepi dan lancar. Taksi dengan enak bebas melenggang di jalanan sampai akhirnya bisa mengantarkan saya sampai di alamat tujuan dengan cepat dan selamat di Hotel JW Jakarta.

20140101_181019Iya tanggal 1 Januari 2014 sore saya sudah sampai di hotel Marriot Jakarta. Hotel yang dulunya pernah mengalami beberapa peledakan bom oleh pelaku bom bunuh diri yang dilakukan sekelompok orang yang salah mengartikan arti sebuah tujuan. Akibatnya beberapa orang yang tidak berdosa dan tidak terkait dengan apa-apa ikut menjadi korban. Kok saya berani banget milih menginap di hotel Marriot? ada apa sih di hotel JW Marriot Jakarta sampai-sampai saya harus memilih untuk menginap di sana tanggal 1 Januari 2014 kemaren? Diceritain ga ya…ga usah diceritain saja deh hehehe. Intinya hotel JW Marriot Jakarta aman, nyaman, dekat ke mall, restoran dan tempat ngobrol yang enak jadi kenapa harus takut menginap disana kalau memang ada perlu?

Saya menginap di JW Marriot Jakarta selama 2 malam sampai akhirnya tanggal 3 Januaritamu 2014 saya terbang ke Jogja. Kebetulan di bandara Adi Sucipto, Jogja beberapa teman dari Jogja Geowisata sedang mengantarkan tamu untuk pulang ke kota masing-masing setelah menghabiskan masa liburan akhir tahun bersama Jogja Geowisata (Official website bisa dilihat di www.jogja-geowisata.com, atau alamat Facebook bisa dilihat di https://www.facebook.com/jogja.geowisata). Saya ingin ikut mengantarkan, mungkin tidak semua tamu karena waktu tidak terkejar, tapi paling tidak bisa mengantarkan salah seorang tamu, untuk menunjukkan rasa hormat dan rasa terima kasih saya dan teman-teman Jogja Geowisata karena tamu-tamu tersebut sudah memberikan kepercayaan kepada kita selama liburan akhir tahun di Jogja.

Akhir kata selamat datang tahun 2014. Selamat tahun baru untuk semuanya. Semoga di tahun 2014 menjadi semakin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Cerita-Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.