Bagian Kedua Memulai Minimarket Mandiri: Memilih Lokasi

Penentuan lokasi minimarket ini sangat penting karena akan menentukan kelangsungan bisnis minimarket yang kita rintis. Oleh karenanya semakin lengkap data-data yang kita kumpulkan pada tahapan sebelumnya (baca Bagian Pertama Memulai Minimarket Mandiri: Mengenal Segmen Pasar ) akan semakin memberikan hasil analisa yang lebih akurat. Penentuan lokasi selain berdasarkan data segmen pasar yang sudah kita miliki sebelumnya juga sangat bergantung dengan dana atau modal yang kita siapkan untuk memulai bisnis ini dan tentu saja kemudahan perijinan dari pemerintah daerah setempat dimana kita akan mendirikan minimarket mandiri ini.

Tentunya kita harus mempertimbangkan dengan cermat dimana kira-kira lokasi yang cocok sesuai dengan semua pertimbangan-pertimbangan di atas. Yang perlu diingat disini adalah kita akan memulai bisnis minimarket mandiri. Artinya kita pun harus realistis dalam melihat situasi. Akanlah tidak bijaksana dilihat dari sisi bisnis, apabila kita memaksakan untuk mendirikan minimarket mandiri yang berlokasi di pinggir jalan, sedangkan dari analisa segmen pasar kita sudah tahu bahwa di sana sudah berdiri beberapa minimarket franchise. Kalau head to head berkompetisi dengan mereka, tentu saja minimarket mandiri yang akan kita dirikan tidak akan mampu bersaing. Mereka mempunyai dukungan modal yang lebih kuat dan pasokan barang-barang yang lebih teratur. Di samping itu biasanya antar mereka pun sudah saling berkompetisi. Dalam jarak sekian ratus meter mereka sudah saling berhadap-hadapan. Market share atau pelanggan yang direbutkan pun sudah sangat sedikit. Semakin banyak minimarket, distribusi pembeli akan semakin merata, artinya kemungkinan masing-masing minimarket untuk didatangi pembeli akan semakin mengecil.

Akan lebih baik lokasi yang dipilih sebisa mungkin menjauhi lokasi-lokasi yang sudah ada minimarket franchise. Cobalah melihat lokasi agak lebih ke dalam, tidak di pinggir jalan, misalnya di tengah-tengah pemukiman penduduk atau kompleks perumahan. Saya mengistilahkan konsep minimarket jemput bola. Kita menjemput konsumen dengan cara mendirikan minimarket yang lokasinya mendekati tempat tinggal mereka. Persaingan dengan toko atau warung yang sudah ada tidaklah akan seketat dan sesusah apabila minimarket mandiri kita harus berhadap-hadapan dan bersaing dengan minimarket franchise. Memilih lokasi di dekat atau di tengah kompleks perumahan menurut saya lebih ideal dan strategis, karena konsumennya sudah jelas, tingkat kebutuhan mereka lebih mudah untuk dipetakan, gaya hidup mereka lebih gampang untuk diamati, tingkat kebutuhan berbelanja mereka pun sudah bisa dipastikan akan berjalan secara konsisten dan menerus. Namun tentu saja, memilih lokasi di dekat atau di tengah komplek perumahan adalah tidak mudah apalagi sekarang pun banyak minimarket franchise yang merambah di dekat kompleks perumahan juga. Tetapi masih banyak juga kompleks-kompleks perumahan yang belum berdiri minimarket franchise di dekatnya.

Semua lokasi bisa kita tentukan, namun tidak akan berjalan apabila kita tidak bisa mendapatkan ijin usaha dari pemerintah daerah setempat. Dari hasil analisa data-data pada tahapan pertama, tentunya kita sudah tahu prosedur resmi bagaimana mengurus perijinan untuk mendirikan usaha minimarket mandiri ini, lokasi-lokasi mana saja yang bisa didirikan, bagaimana syarat-syaratnya dan lain sebagainya. Ada beberapa daerah/kota yang tidak mengijinkan minimarket franchise untuk masuk ke dalam wilayahnya. Ada baiknya kita mencari tahu kota-kota atau daerah mana saja yang mempunyai aturan seperti ini, karena dengan demikian ada kesempatan kita untuk masuk dan mencoba mendirikan minimarket mandiri di daerah-daerah tersebut. Banyak cara untuk mencari dan mendapatkan lokasi yang bagus untuk memulai usaha minimarket mandiri. Sebelum menentukan dan mencari lokasi, saya lebih cenderung untuk melihat data-data statistik hasil analisa dari data-data yang dikumpulkan dalam tahapan-tahapan sebelumnya. Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis akan sangat menetukan kelangsungan usaha minimarket mandiri ke depannya.

Selamat mencari dan menentukan lokasi…

Bersambung disini..

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com). Alumni Teknik Geologi UGM, sekarang masih bekerja di Schlumberger (www.slb.com), sekaligus menekuni sebagai Personal Blogger. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging
This entry was posted in Peluang Usaha and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>