Alhamdulillah Akhirnya Saya Bisa Mewujudkannya….

jogjageowisataAkhirnya saya bisa mewujudkannya…Iya, salah satu rencana saya untuk merintis sebuah tour perjalanan wisata alam (klik link untuk lebih detail: best view dengan Firefox/Chrome/Opera/IE9) di wilayah Jogja dan sekitarnya akhirnya bisa saya wujudkan. Lebih dari setahun yang lalu, kurang lebih di bulan Januari 2012 saya menuliskan ide peluang usaha tur geowisata, di blog ini. Dan selama itu juga waktu yang saya butuhkan untuk merintisnya dari nol. Dari sebuah ide menjadi sebuah kenyataan. Di tengah kesibukan rutinitas kerja di luar Indonesia, saya mencoba membagi waktu untuk mewujudkan ide saya ini. Bagaimana saya harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya ketika pulang ke Indonesia sekaligus bisa mengerjakan peluang usaha ini sedapat mungkin.

Ketika berbicara mengenai perjalanan wisata, dalam benak saya berpikir bagaimana caranya sebisa mungkin untuk menghadirkan dan menawarkan sebuah pengalaman berwisata yang berbeda dari yang sudah ada. Saya mempunyai konsep dan saya sedang wujudkannya. Saya berpendapat apa yang akan saya tawarkan ini mampu memberikan pengalaman berwisata ke Jogja yang berbeda dari yang lainnya kepada wisatawan. Maka muncullah ide untuk mendirikan biro perjalanan geowisata.

Geowisata adalah sebuah kegiatan yang memadukan wisata alam, budaya dan petualangan. Jogjakarta dan daerah sekitarnya adalah lokasi yang sangat cocok serta mempunyai kriteria dan sarana pendukung sebagai tempat wisata alam dan budaya. Paket wisata yang ditawarkan berbeda dengan paket wisata liburan ke Jogjakarta yang sudah umum ditawarkan. Paket geowisata mencoba mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan alam, budaya sekitar, sekaligus belajar memahami proses terjadinya bentang alam tersebut dengan suasana nyaman, santai, aman dan gembira.

Bagaimana cara paling mudah untuk menjangkau dan menginformasikan paket wisata yang ingin saya tawarkan? jawaban satu-satunya adalah melalui sebuah web. Bagaimana caranya untuk mengisi konten dari web tersebut? tentunya harus mencari kandidat lokasi tujuan wisata, mengambil gambarnya, dan mendeskripsikan suasana di sana kemudian menuliskannya ke dalam web atau situs. Pada awalnya saya ingin mengambil photo-photo yang sangat mungkin akan dengan mudah saya dapatkan dari Google. Namun seketika itu juga saya tolak sendiri rencana saya ini. Saya tidak mau mengambil hasil karya orang lain tanpa ijin si pemiliknya langsung dan saya tidak mau di kemudian hari pemilik photo tadi protes kepada saya atau bahkan bisa menuntut saya karena mengambil hasil karya mereka dan mengkomersialkannya tanpa ijin.

Dari sinilah tantangan ini berawal. Bagaimana caranya saya bisa mengajak seseorang untuk membantu saya mengambil photo-photo dari kandidat lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Awalnya saya menghubungi salah seorang photografer yang direkomendasikan teman. Namun ketika negosiasi awal, saya sudah tidak sanggup untuk membayar jasanya. Permintaannya terlalu mahal untuk saya. Dengan waktu yang sangat terbatas, bahkan kadang hanya selama 1-2 hari di Indonesia, saya berpikir bagaimana solusi terbaik.

Selama di Indonesia, kadang saya main ke kampus Geologi UGM. Dulu saya beberapa kali datang ke Himpunan Mahasiswa, sekedar berbagi pengalaman dan cerita dengan teman-teman mahasiswa. Suatu ketika saya main ke HM, saya bertemu dengan junior-junior saya di kampus. Seketika itu juga muncul ide saya untuk mengajak kerja sama. Saya tahu pasti di antara sekian banyak mahasiswa Geologi, pasti ada yang jago photografi, ditambah lagi mereka sering kuliah lapangan dan praktikum outdoor. Gayung pun bersambut, mereka setuju dengan apa yang saya tawarkan dan singkat cerita saya juga setuju dengan proposal yang mereka ajukan.

Pengambilan photo atau gambar dari lokasi-lokasi yang sudah ditentukan bukanlah urusan yang mudah. Tantangannya adalah mencari waktu yang tepat kapan bisa berangkat ke lapangan untuk memulai melakukan pengambilan gambar. Cuaca dan musim hujan adalah tantangannya. Dalam kurun waktu 1 tahun lebih merencanakan usaha ini mungkin hampir 80%-nya tersita untuk pengambilan photo. Saya sangat-sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang dengan semangat pantang menyerah bisa menyelesaikan kerja sama yang saling menguntungkan ini. Memang mereka bukanlah sekumpulan photographer profesional, namun saya puas dengan photo yang dihasilkan oleh mereka.

Langkah selanjutnya adalah mencari dan menyewa jasa seorang webmaster. Semua data  dan photo yang sudah terkumpul akan diunggah ke dalam sebuah web pada nantinya. Dan lagi-lagi mungkin sebuah keberuntungan bagi saya karena secara tidak sengaja saya berkenalan dengan seorang webmaster lulusan Ilmu Komputer UGM angkatan 2002, seorang muda yang energik dan mampu menampung dan mewujudkan ide yang saya inginkan ke dalam sebuah web dan kebetulan rumahnya tidak terlalu jauh dengan rumah saya. Ide kami diskusikan berdua, rancangan, tema, design dll suatu ketika di akhir tahun 2012 sampai akhir Februari 2013 ketika saya kembali pulang ke Jogja. Pada akhirnya saya menyewa hosting dan domain dari sebuah perusahaan web hosting lokal dan mulai menulis dan meng-update content web.  Sampai sekarang saya terus berdiskusi dengan webmaster teman saya ini karena saya menyadari web ini akan masih bisa berkembang menyesuaikan dengan perkembangan pasar dan tentunya masukan dari semua pihak. Di bulan yang sama di akhir Februari 2013 kemaren juga, saya menyempatkan diri berdiskusi dengan junior saya yang lainnya sesama alumni Geologi UGM. Warung SGPC di sebelah Fakultas Peternakan UGM tempat kami bertemu. Dia kebetulan menjadi seorang wellsite geologist di luar Indonesia juga dan kebetulan sedang off di Jogja. Saya berdiskusi dengan dia karena kebetulan mempunyai ide yang sama dan akhirnya kami sepakat untuk menjajaki kemungkinan kerja sama. Akhir cerita, Alhamdulillah, ide saya akhirnya bisa diwujudkan. Tinggal menunggu beberapa tambahan data lagi dan Insha Allah paket wisata alam/geowisata online siap diluncurkan dan dipasarkan. Mohon doa dan restu dari anda semuanya, semoga saya bisa mengembangkan peluang bisnis ini.

Kunjungi www.jogja-geowisata.com untuk informasi lebih lanjut..

About WiD

Founder&Owner jogja geowisata (www.ygeotour.com) dan geodwipa teknika (www.geodwipa.com). Alumni Teknik Geologi UGM. Hobby: International Travel, Photography, Gourmet Cooking, Entrepreneurship, Blogging.
This entry was posted in Peluang Usaha and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Alhamdulillah Akhirnya Saya Bisa Mewujudkannya….

  1. Saya sangat terinspirasi dengan usaha bapak, saat ini saya juga merintis usaha kecil-kecilan dengan modal yang sangat pas-pasan, mudah mudahan kelak saya bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya
    minta do’a dan dungunanya dari semua pembaca

  2. cahyo says:

    Salam kenal pak Wid,

    Saya juga (dulu) kuliah geologi pak, tapi gak sempat lolos, hiks :). Sekarang lebih banyak freelance sambil nulis di blog, Pernah menulis ide tentang geowisata juga lewat kolom ide di KR karena “geregetan” dengan potensi wisata di jogja dan sangat sumringah karena ternyata sudah ada “kakak angkatan” yang mampu mewujudkannya ^_^. Sukses terus pak, kalau ada perlu bantuan InsyaAllah siap support pak, hehe 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*